Sport
Rabu, 24 April 2024 - 17:40 WIB

Nathan Tjoe Aon Tiba di Doha, Timnas U-23 Siap Taklukkan Korea Selatan

Redaksi Solopos.com  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Nathan Tjoe Aon telah tiba di Doha, Qatar untuk bergabung Timnas U-23 menjelang laga kontra Korea Selatan di babak perempatfinal Piala Asia U-23, Jumat (26/4/2024) dini hari. (Instagram)

Solopos.com, DOHA — Pemain andalan Timnas, Nathan Tjoe Aon telah tiba di Doha, Qatar, Rabu (24/4/2024) pukul 09.00 waktu setempat, setelah dilepas klubnya, SC Heerenveen, untuk memperkuat Garuda Muda di Piala Asia U-23 hingga akhir turnamen.

Timnas U-23 Indonesia akan menghadapi Korea Selatan di babak perempatfinal Piala Asia U-23, Jumat (26/4/2024) pukul 00.30 WIB.

Advertisement

Selain Nathan Tjoe, striker Ramadhan Sananta juga sudah bisa dimainkan melawan salah satu tim terkuat Asia tersebut.

“Informasi yang saya terima, Nathan Tjoe sudah tiba di Doha pukul 09.00 waktu setempat dan malamnya siap berlatih bersama Timnas U-23,” ujar Ronny Pangemanan, pengamat sepak bola yang dekat dengan PSSI, seperti dikutip Solopos.com dari kanal Youtube Bung Ropan, Rabu.

Hadirnya Nathan memberi angin segar bagi Timnas U-23 untuk terus menciptakan sejarah di Piala Asia U-23.

Advertisement

Setelah mencetak sejarah lolos ke Piala Asia U-23 untuk kali pertama, Garuda Muda juga mencetak sejarah melaju ke perempatfinal setelah menekuk dua tim kuat, Australia dan Yordania.

Kini Witan Sulaeman melebarkan asa untuk mencetak sejarah berikutnya ke babak semifinal.

Mereka akan mati-matian menundukkan Korea Selatan, negara asal Pelatih Shin Tae-yong, yang tampil sebagai juara Grup B setelah menundukkan Jepang 1-0 di laga terakhir, Senin (22/4/2024) lalu.

Shin Tae-yong menargetkan bisa lolos hingga ke babak empat besar untuk meraih satu tiket Olimpiade Paris 2024.

Advertisement

Menghadapi Korsel U-23 yang merupakan tim dari negaranya, Shin Tae-yong memastikan bakal bertindak profesional.

Ia mengatakan pelatih Korsel U-23 Hwang Sun Hong akan dibuat pusing oleh permainan anak asuhnya.

“Saya memastikan pelatih Hwang Sun Hong akan stres,” kata Shin Tae-yong kepada media Korsel, Chuson, seperti dikutip Solopos.com, Selasa (23/4/2024).

Diberitakan sebelumnya, jutaan penggemar sepak bola Tanah Air mendapat kabar gembira setelah Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sukses melobi klub Belanda, SC Heerenveen untuk melepas Nathan Tjoe Aon.

Advertisement

Pemain inti skuad Shin Tae-yong di Piala Asia U-23 itu dipastikan bisa membela Garuda Muda kontra Korea Selatan pada Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Tak hanya laga kontra Korsel, SC Heerenveen memperbolehkan Nathan membela Timnas Garuda jika lolos ke babak berikutnya sampai akhir turnamen.

Kabar baik itu dirilis PSSI di akun resminya, Selasa (23/4/2024) tengah malam.

“Kabar baik datang dari Belanda yang mana klub SC Heerenveen akhirnya mengizinkan Nathan memperkuat timnas hingga sisa Piala Asia U-23,” ujar Erick Thohir seperti dikutip Solopos.com.

Advertisement

Sebelumnya Nathan hanya diizinkan main hingga putaran grup usai. Karenanya, begitu Indonesia sukses memulangkan Yordania Nathan langsung terbang ke Amsterdam untuk gabung kembali dengan klubnya.

Bahkan pemain berusia 22 tahun itu sempat berlatih dengan SC Heerenveen.

Warganet Indonesia lantas membanjiri akun media sosial milik klub di liga teratas Belanda tersebut.

Di saat yang sama, Ketum PSSI melakukan lobi kepada SC Heerenveen.

Berkat lobi keras yang dilakukan Erick Thohir, Nathan akhirnya bisa kembali bergabung dengan Indonesia di Doha, Qatar untuk laga melawan Korea Selatan.

Setelah diizinkan klubnya, Nathan langsung terbang ke Qatar guna persiapan laga melawan Korsel.

Advertisement

Erick mengatakan, usaha melobi SC Heerenveen sukses juga berkat dukungan seluruh pihak.

Selain Erick yang turun langsung melobi petinggi klub Belanda itu, sejumlah pihak ikut membantu lewat pendekatan personal serta informal.

“Tentu terima kasih pula untuk seluruh pihak yang terlibat dan memberi dukungan. Kini kita fokus menatap laga lawan Korsel dengan kekuatan yang utuh,” ujar Erick.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif