SERBA LIMA : Ini 5 Persepsi tentang Olahraga yang Tak Akurat

11 Desember 2016 09:00 WIB Sport Share :

Serba lima kali ini tentang olahraga.

Solopos.com, SOLO – Persepsi tentang olahraga sering diyakini bisa membuat berolahraga secara lebih efektif. Namun, sayang sekali masih banyak salah persepsi tentang fakta terkait olahraga tertentu.

Seseorang yang ingin mengencangkan otot perutnya, biasanya melakukan olahraga yang memerlukan intensitas gerakan otot-toto perut lebih besar.

Namun, hal itu bukan satu-satunya cara untuk memperoleh target olahraga. Ada hal lain yang harus dilakukan untuk mendapat hasil lebih maksimal.

Dihimpun Solopos.com dari list25.com, Jumat (9/12/2016), inilah lima persepasi tentang olahraga yang ternyata tidak akurat.

1. Sit up adalah gerakan utama untuk mendapatkan perut six-pack
Sebanyak apapun sit-up yang dilakukan seseorang, tidak akan bisa menyebabkan perut penjadi six-pack. Karena, untuk mendapatkan perut impian laki-laki itu diperlukan olahraga teratur untuk membakar lemak, dan diet.

Sit up hanya berpengaruh pada sebagian kecil otot perut. Jika hanya melakukan sit up dengan teratur, maksimal seseorang akan mendapat four-pack. Selain itu, faktor genetik juga memengaruhi hasil.

2. Olahraga singkat tidak terlalu berguna
Banyak beredar pemahaman olahraga yang dilakukan dalam waktu singkat dianggap tidak berguna. Hal ini sangat tidak benar. Secara sains, tidak ada ukuran pasti durasi olahraga yang harus dilakukan agar memberi efek positif pada tubuh. Satu hal yang pasti adalah orang yang berolahraga lebih sehat daripada yang tidak.

3. Perempuan bisa kekar karena angkat beban
Binaraga tidak hanya diisi kaum pria, ada juga perempuan yang serius di bidang ini. Jika Anda menganggap perempuan bertubuh kekar hanya karena mereka rajin angkat beban, anggapan itu salah.

Perempuan harus bekerja lebih keras untuk mendapat badan kekar jika dibandingkan dengan usaha kaum pria. Hal ini disebabkan tubuh perempuan secara alami hanya memiliki sedikit testosteron dan hormon pertumbuhan. Jadi para ladies,untuk mendapatkan tubuh kekar Andaharus mengonsumsi makanan khusus sebagai pendukung aktivitas angkat beban.

4. Lakukan olahraga tertentu untuk membakar lemak di bagian tertentu
Seperti sudah diungkap di pembuka artikel ini, ada orang yang memfokuskan olahraganya di gerakan tertentu untuk membakar lemak di bagian tertentu. Hal ini dianggap kurang efektif. Lemak dalam tubuh cenderung terbakar dalam porsi seimbang. Pembakaran lemak akan lebih efektif jika dilakukan melalui gerakan kardio atau aerobik.

5. Lebih lama nge-gym lebih baik dari yang sebentar
Gym mulai banyak digemari. Bagi orang awam, biasanya akan memulai sesi gym dengan penuh semangat. Hal ini membuat orang itu melakukan gym secara berlebihan. Menurut ahli sesi gym harus disesuaikan dengan aktivitas rutin tiap individu. Dengan itu, aktivitas gym bisa dilakukan dengan lebih maksimal dan rutin.

Orang yang terlalu lama nge-gym akan membuka kemungkinan dirinya terluka dan tidak kembali ke gym secara rutin. Hal itu akan menghilangkan efek positif nge-gym. (Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com)