FORMULA ONE 2016 : Soal Pengganti Rosberg, Hamilton Dilarang Ikut Campur

12 Desember 2016 00:30 WIB Sport Share :

Formula One 2016 diwarnai dengan Mercedes yang mencari pengganti Nico Rosberg.

Solopos.com, MUNICH — Bos Mercedes, Toto Wolff, menegaskan Lewis Hamilton tidak dilibatkan secara langsung dalam pemilihan pembalap pengganti Nico Rosberg. Wolff baru akan menyampaikan nama pembalap terpilih pada Hamilton jika semuanya sudah pasti.

Hal itu diungkapkan Wolff dalam wawancaranya dengan Sky Sports F1, Jumat (9/12/2016). Pemilihan suksesor Rosberg yang pensiun beberapa waktu lalu memang tak mudah. Kandidat terkuat, Fernando Alonso, dikabarkan tetap bertahan di McLaren musim depan.

Adapun Mercedes masih gamang menggamit pembalap mudanya seperti Pascal Wehrlein dan Esteban Ocon lantaran minim pengalaman. Meski demikian, Wolff menegaskan Mercedes akan membuat keputusan sendiri tanpa intervensi siapapun termasuk Hamilton.

“Ini seperti [seleksi] pekerjaan lain. Kami akan mengabari Lewis jika semuanya sudah diputuskan,” ujar Wolff.

Wolff tak menampik masukan pembalap penting untuk menjaga dinamika tim dalam mengarungi musim. Namun hal itu hanya akan menjadi salah satu pertimbangan manajemen Mercedes, tidak untuk memengaruhi keputusan. Diketahui, Hamilton sebelumnya kurang akur dengan Rosberg dan tak jarang mengeluarkan ketidaksukaannya di hadapan publik.

“Dia [Hamilton] adalah pilar di kesuksesan tim. Saat dia datang, semuanya berubah. Penting untuk memberinya kursi yang nyaman. Kekompakan duet pembalap adalah salah satu faktor yang kami pertimbangkan,” lanjut Wolff.

Sebelumnya Hamilton mengaku tidak mempermasalahkan siapa duetnya di musim depan. Pembalap asal Inggris ini hanya ingin diperlakukan setara dalam tim. Sejauh ini Wehrlein menjadi kandidat terkuat pengganti Rosberg di Silver Arrows, julukan Mercedes. Belakangan Rosberg juga mendukung mantan rekan Rio Haryanto di Manor itu.

Tokopedia