Motor Baru & Iannone, Suzuki Bertekad Kembalikan Kejayaan

Duo pembalap Suzuki Ecstar, Andrea Iannone dan Alex Rins, dalam peluncuran motor baru di Sepang, Minggu (29/1 - 2017). (@MotoGP)
29 Januari 2017 21:30 WIB Sport Share :

Bersama Andrea Iannone, Suzuki merilis motor baru dan bertekad kembali berjaya di MotoGP.

Solopos.com, SEPANG -- Tim Suzuki Ecstar resmi merilis motor anyar GSX-RR 2017, sekaligus memperkenalkan duet pembalap mereka Andrea Iannone dan Alex Rins. Acara peluncuran digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia, tepat satu hari sebelum tes pramusim pertama dimulai, Minggu (29/1/2017) sore waktu setempat.

Tak ada perubahan mencolok dalam tampilan GSX-RR 2017 dibanding tunggangan sebelumnya. Warna biru metalik masih mendominasi, sedangkan logo sponsor utama Ecstar masih tetap berada di bawah tulisan Suzuki. Persis seperti musim lalu. Perbedaannya hanya Suzuki kini menggunakan corak kuning yang lebih terang dalam tampilan.

Minimnya perubahan mendasar dalam bodi motor berbanding terbalik dengan line up Suzuki musim ini. Suzuki mempercayai sosok baru yakni Andrea Iannone dan Alex Rins menggantikan duo Maverick Vinales dan Aleix Espargaro. Iannone didatangkan dari Ducati, sedangkan Rins merupakan rider debutan dari Moto2.

Suzuki antusias dengan potensi motor baru mereka, setelah musim lalu berhasil memenangi balapan di seri Inggris. Itu diraih hanya di musim kedua setelah mereka kembali ke pentas MotoGP. Kepala Tim Suzuki, Davide Brivio, mengatakan tim memiliki sejarah besar dengan deretan pembalap handal. Brivio mengatakan peluncuran GSR-RR 2017 merupakan bagian dari proyek untuk mengembalikan kesuksesan Suzuki.

“Kami punya tekanan besar karena tim ini punya sejarah besar. Kami mencoba melanjutkan tradisi ini dan membawa kembali Suzuki ke puncak,” ujarnya seperti dilansir Motorsport, Minggu.

Sejak medio 1976 hingga 2000, Suzuki menelurkan lima pembalap bergelar juara dunia yakni Barry Sheene, Marco Lucchinelli, Franco Uncini, Kevin Schwantz dan Kenny Roberts Jr. Namun sejak 2003, penampilan Suzuki selalu naik turun. Pada 2003, Suzuki yang diperkuat John Hopkins dan Kenny Roberts Jr bahkan terdampar ke peringkat 10 klasemen konstruktor.

“Semuanya baru dua tahun lalu, dan berhasil memenangi balapan musim kemarin itu menakjubkan. Kami antusias untuk berkembang sejauh mungkin,” sambung Brivio.

Andrea Iannone mengaku senang dapat memulai petualangan baru bersama Suzuki. Dia menyebut Suzuki selalu menjadi ikon balap motor. “Saya antusias bisa menjadi bagian dari sejarah tim besar. Musim depan adalah tantangan besar, tapi saya sangat termotivasi,” ujarnya seperti dilansir crash.net.

Sementara itu, Alex Rins bangga dapat merasakan karier perdana di MotoGP bersama Suzuki. “Balapan dengan Suzuki adalah hal terbaik yang tidak pernah saya bayangkan. Motor sangat tangguh dan saya tak sabar untuk memulai musim.”

Tokopedia