MALAYSIA OPEN 2017 : Tenaga Terkuras, Tontowi/Liliyana Tersingkir di Semifinal

Tontowi - Liliyana Natsir (Badmintonindonesia.org)
08 April 2017 16:57 WIB Adib Muttaqin Asfar Sport Share :

Ganda campuran Indonesia Tontowi/Liliyana tersingkir setelah menyerah dari pasangan Tiongkok di semifinal Malaysia Open 2017.

Solopos.com, SOLO -- Satu-satunya pasangan ganda campuran Indonesia yang tersisa di Malaysia Open 2017, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Tontowi/Liliyana) akhirnya terhenti di semifinal. Dengan demikian, Indonesia hanya menyisakan ganda putra Marcus Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Marcus/Kevin) di turnamen superseries ini.

Tontowi/Liliyana takluk dua set langsung dari pasangan Tiongkok, Lu Kai/ Huang Yaqiong, dengan skor mencolok 21-8 di set pertama, dan 21-16 di set kedua. Di set pertama, pasangan Tiongkok itu tampil sangat dominan. Dominasi mereka sudah membuat skor 14-6 dan mengakhiri set pertama dengan selisih sangat jauh, 21-8.

Pantauan Solopos.com dari tayangan di Kompas TV, pada set kedua, Tontowi/Liliyana mencoba bangkit dan memberikan perlawanan lebih. Hasilnya, mereka sempat terlibat kejar-mengejar angka di paruh pertama set kedua. Namun, paruh pertama ditutup dengan keunggulan pasangan Lu Kai/Huang Yaqiong dengan skor 11-8.

Selanjutnya, pasangan Tiongkok tersebut kembali sangat dominan dan menjaga keunggulan atas Tontowi/Liliyana. Mereka menutup set kedua dengan skor 21-16.

Dengan demikian, Tontowi/Liliyana gagal menembus final ajang superseries ini. Sedangkan Lu Kai/Huang Yaqiong akan berhadapan dengan pasangan Tiongkok lainnnya, Zheng Siwei/Chen Qingchen, di final.

"Penampilan kami hari ini memang bisa dibilang underperformed. Dari segi tenaga, pertandingan di perempat final sangat menguras energi, kami berharap dapat recovery dan istirahat lebih lama, tetapi kami kaget saat melihat jadwal pertandingan. Semalam kami sampai hotel jam 12 malam, dan hari ini dari pagi sudah harus bersiap tanding lagi," kata Liliyana dalam rilis yang dikutip Detik.

Selain itu, kata Liliyana, pasangan Tiongkok tersebut tampil dominan dan terlihat sangat percaya diri. Hal ini tak lepas dari pencapaian mereka sebagai juara di dua turnamen berturut-turut, yaitu All England dan India Open 2017.