GRAND SLAM WIMBLEDON : Murray dan Kerber Dapat Lawan Mudah di Awal

Angelique Kerber. (JIBI/Solopos - Reuters)
01 Juli 2017 01:00 WIB Kaled Hasby Ashshidiqy Sport Share :

Grand Slam Wimbledon dimulai.

Solopos.com, LONDON—Andy Murray akan memulai upaya mempertahankan gelar juara di ajang Wimbledon dengan menghadapi petenis kualifikasi. Hal serupa dialami petenis putri nomor satu dunia, Angelique Kerber, yang akan menghadapi petenis kualifikasi di putaran pertama dan diprediksi menghadapi petenis unggulan Karolina Pliskova di babak semifinal.

Undian pertandingan itu dilakukan penyelenggara di All England Club pada Jumat (30/6/2017). Murray yang dijagokan akan menjuarai Wimbledon untuk kali ketiga, masuk dalam kelompok undian yang sama dengan juara dua kali Wimbledon, Rafael Nadal; juara tiga kali Novak Djokovic, dan juara tujuh kali Roger Federer.

Di nomor putri, juara Prancis Terbuka, Jelena Ostapenko, berpeluang menghadapi Simona Halep di babak semifinal. Dalam pertemuan sebelumnya, Halep dikalahkan Ostapenko di Prancis Terbuka. Juara dua kali Wimbledon, Petra Kvitova, juga berada di kelompok undian yang sama dengan Halep, dan Ostapenko.

Jika Murray mampu melangkah ke babak 16 besar, maka hasil undian tersebut bisa dibilang menguntungkan petenis Skotlandia tersebut. Nick Kyrgios akan jadi ancaman Murray di putaran keempat. Namun, kondisi petenis Australia itu yang tak sepenuhnya fit setelah dibekap cedera paha bakal sedikit menguntungkan Murray. Terlebih Kyrgios tak pernah menang melawan Murray dalam empat pertemuan terakhir mereka.

Meski begitu Kyrgios mengaku percaya diri mampu mengatasi persoalan cederanya. Petenis berusia 22 tahun ini belum mengantongi gelar apa pun tahun ini setelah kalah dari Federer di semifinal Indian Wells dan di semifinal Miami Terbuka. Ia juga gagal di Madrid Terbuka dan Prancis Terbuka. “Saya tetap berpikir mampu memenangi turnamen ini [Wimbledon]. Bagaimana pun saya berharap bisa memenangi titel grand slam pertama saya. Mungkin akan membutuhkan sedikit keberuntungan, tapi saya yakin bisa memenanginya,” kata petenis peringkat ke-20 dunia tersebut, seperti dilansir Reuters, Jumat (30/6/2017).

Jika lolos ke perempat final, Murray bisa jadi bertemu dengan Stanislas Wawrinka, petenis yang mengalahkannya di Paris awal bulan ini. Namun Wawrinka tak terlalu hebat bermain di lapangan rumput, jenis lapangan yang akan dimainkan di Wimbledon. Nadal juga akan jadi batu sandungan Murray di babak semifinal. Namun, itu akan lebih baik bagi Murray ketimbang menghadapi Roger Federer, yang juga berpeluang melaju ke semifinal.

Kondisi Murray juga sebenarnya tak terlalu bagus. Ia tumbang di putaran pertama Queen’s Club sebelum menarik diri dari dua laga ekshibisi di Hurlingham Club pekan ini karena cedera paha.

Sementara itu, Federer, 35, yang juga difavoritkan merengkuh titel grand slam kali ke-19 akan memulai turnamen menghadapi Alexandr Dolgopolov. Kemudian di belakangnya ada Grigor Dimitrov, Alexander Zverev, dan Milos Raonic yang siap menjegal laju petenis Swiss tersebut. Belum lagi Novak Djokovic yang siap menghentikan langkah Murray.

Tokopedia