MOTOGP 2017 : Jadi Pemuncak Klasemen, Marquez Senang Sekaligus Terkejut

Marc Marquez (Crash.net)
04 Juli 2017 22:25 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Motogp 2017 diwarnai dengan Marc Marquez yang memuncaki klasemen sementara.

Solopos.com, HOHENSTEIN-ERNSTTHAL – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, berhasil menjadi pemuncak klasemen sementara pembalap Motogp 2017 saat memasuki jeda paruh musim. Marquez pun senang sekaligus terkejut atas pencapaiannya itu.

Marquez mengakuisisi pemuncak klasemen Motogp 2017 dari para pesaingnya setelah memastikan kemenangan di GP Jerman, Minggu (2/7/2017). Dalam balapan tersebut, pembalap berjuluk The Baby Alien itu mengungguli Jonas Folger dan Dani Pedrosa yang finis di posisi kedua dan ketiga.

Tambahan 25 poin membuat Marquez kini mengoleksi 129 poin dari sembilan seri dan memuncaki klasemen sementara. Dia mengungguli Maverick Vinales di posisi kedua dengan selisih lima poin, dan unggul enam poin dari Andrea Dovizioso di posisi ketiga. Sementara dengan Valentino Rossi di posisi keempat, Marquez unggul 10 poin.

Memuncaki klasemen Motogp 2017 pada paruh musim ternyata membuat Marquez terkejut. Pasalnya, pembalap asal Spanyol itu sempat tertinggal cukup jauh dari Vinales yang memuncaki klasemen pada GP Italia, awal Juni 2017.

"Tiga balapan yang lalu saya ketinggalan 37 poin. Namun, sebelum seri Assen saya menerima pesan Whatsapp dari Santi Hernandez [kepala krunya], dan dia bilang, 'Jangan khawatir, Marc. Kau akan memimpin klasemen saat musim panas'," ujar Marquez seperti dikutip dari Autosport, Selasa (4/7/2017).

"Saya jawab, 'Oke, apa yang kau minum?' karena kami ketinggalan sangat jauh. Tapi, pada akhirnya kami memang harus percaya kepada diri kami sendiri. Kami harus yakin kepada pekerjaan kami, kami harus terus berjuang seperti yang kami lakukan," lanjutnya.

"Saya tak menghitung hari sejak kemenangan terakhir saya di Austin. Saya tahu harus bersabar. Menyenangkan bisa berlibur dalam posisi memimpin klasemen. Cuma lima poin sih, tapi lebih baik unggul lima poin daripada ketinggalan lima poin," tutur Marquez.

Saat ini, para pembalap akan menikmati waktu libur sekitar satu bulan. Seri ke-10 Motogp 2017 baru akan dimulai pada 6 Agustus 2017 mendatang di Sirkuit Brno, Republik Ceko.

Tokopedia