FORMULA ONE 2017 : GP Austria: Kejutan Hamilton & Kembalinya Asa McLaren

Lewis Hamilton (JIBI/REUTERS - Juan Medina)
08 Juli 2017 00:30 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Formula One 2017 memasuki seri GP Austria.

Solopos.com, SPIELBERG – GP Austria Formula One 2017 di Red Bull Ring akhir pekan ini agaknya bakal menjadi balapan yang istimewa. Sejak latihan bebas pertama, Jumat (7/7/2017) sore WIB, telah menghadirkan sejumlah kejutan. Lewis Hamilton menjadi kejutan pertama setelah menorehkan rekor sebagai pembalap tercepat di sirkuit sepanjang 4.326 kilometer itu.

Seakan tak terpengaruh perseteruannya dengan Sebastian Vettel di GP Azerbaijan lalu, Hamilton tampil sangat fokus hingga sukses meraih fastest lap di latihan bebas pertama. Catatan waktunya yakni satu menit 5,975 detik tak hanya menjadikan sang pembalap menjadi yang terbaik dalam latihan, melainkan juga memecahkan rekor lap tercepat sepanjang masa di GP Austria.

Torehan waktunya bahkan nyaris dua detik lebih laju dari catatan yang ia buat tahun lalu saat merebut pole position di sirkuit itu. Pada 2016, Hamilton mencatatkan waktu satu menit 7,922 detik untuk start terdepan. Capaian ini tentu melambungkan ambisi Hamilton untuk kembali ke trek juara.

Insiden tabrakannya dengan Vettel di GP Azerbaijan memang sempat membuat pembalap Inggris itu menderita. Dia harus puas finis di peringkat lima dan tertinggal 14 angka dari Vettel di klasemen pembalap. Padahal sebelum balapan itu, Hamilton tampil gemilang dengan menjuarai GP Kanada.

Kejutan GP Austria tak sampai di situ. Sirkuit yang menggelar balapan Formula 1 sejak 1963 ini seakan menguatkan sinyal bangkitnya McLaren. Kedua pembalap mereka, Fernando Alonso dan Stoffel Vandoorne, sukses masuk 10 besar dalam sesi latihan pertama. Alonso mencatatkan waktu 1 menit 07,510 detik yang membuatnya nangkring di posisi sembilan. Vandoorne lebih hebat lagi. Catatan waktunya hanya terpaut 1,308 detik dari Hamilton untuk meraih peringkat tujuh.

Alonso pun yakin timnya akan meraih hasil positif di Austria. Sejak GP Azerbaijan, McLaren memang mulai menunjukkan perbaikan setelah hancur-hancuran di seri awal. Alonso sukses mendulang dua poin di Sirkuit Baku setelah finis di posisi sembilan. Vandoorne juga tampil tak mengecewakan dengan finis nomor 12, prestasi terbaiknya di musim ini.

“Ada alasan untuk lebih optimistis tentang akhir pekan kami di Austria. Itu adalah sirkuit yang tak terlalu bergantung pada tenaga mobil seperti beberapa balapan terakhir. Saya pikir mobil kami akan cocok dengan tikungan-tikungan Sirkuit Spielberg,” ujar Alonso seperti dilansir Crash.