Penalti, Hamilton Start ke-8 di GP Austria

Lewis Hamilton (REUTERS - Laszlo Balogh)
08 Juli 2017 23:30 WIB Adib Muttaqin Asfar Sport Share :

Lewis Hamilton terpaksa start dari urutan ke-8 dalam GP Austria besok akibat penalti.

Solopos.com, SPIELBERG -- Nasib sial belum mau lepas dari Lewis Hamilton. Setelah tak mampu meraih podium di GP Azerbaijan akibat insiden dengan Sebastian Vettel, Hamilton harus puas start dari posisi delapan di GP Austria, Minggu (9/7/2017) malam WIB. Pembalap Inggris itu mendapat penalti lima grid lantaran timnya mengganti girboks mobil sebelum waktu yang diizinkan.

Di sisi lain rekan Hamilton di Mercedes, Valtteri Bottas, tampil impresif dengan merebut pole position dalam kualifikasi di Red Bull Ring, Sabtu (8/7/2017). Hamilton seperti sudah menyingkirkan nasib malangnya di Azerbaijan setelah sukses menjadi nomor satu di latihan bebas pertama dan kedua.

Catatan waktunya bahkan sempat memecahkan rekor putaran GP Austria sebelum disaingi Bottas di sesi kualifikasi. Namun semua berubah 180% saat FIA mengetahui Mercedes mengganti gearbox-nya jelang GP Austria. Padahal ada aturan gearbox tak boleh diganti sebelum terpakai di enam balapan beruntun.

Juara Formula 1 (F1) tiga kali ini pun harus memulai lomba di posisi delapan lantaran hukuman mundur lima grid. Hamilton sebenarnya menjadi pembalap tercepat ketiga di kualifikasi setelah Bottas dan Vettel. Penalti ini bisa dibilang sinyal bahaya bagi Hamilton mengingat dia tak pernah mampu memenangi lomba ketika start dari posisi delapan atau lebih.

Prestasi paling polnya yakni juara GP Inggris 2014 saat dia start dari grid keenam. “Saya senang berada di posisi tiga karena catatan waktuku terus membaik. Namun itu semua tidak cukup,” ujar Hamilton menanggapi penaltinya, dilansir Autosport, Sabtu.

Meski keberuntungan seperti menjauhinya, Lewis tetap sportif dengan memuji Bottas dan Vettel. Dia menilai kedua pembalap itu melakukan pekerjaan yang baik di Red Bull Ring. Bottas sendiri sukses meraih pole position kedua sepanjang kariernya setelah menjadi yang tercepat di Austria. “Selamat untuk Valtteri dan Sebastian. Mereka sangat cepat,” sambung Hamilton.

Sementara itu, Bottas mengaku puas dapat start dari grid pertama akhir pekan ini. Eks driver Williams ini menyebut mobilnya terus membaik hari demi hari. “Saya sangat menikmati hari ini,” ujar Bottas.

Di sisi lain, McLaren kembali mengintip perolehan poin setelah kedua pembalapnya meraih hasil lumayan di kualifikasi. Fernando Alonso bakal start dari posisi 12 sedangkan Stoffel Vandoorne start persis di belakangnya.

Hasil Kualifikasi GP Austria (10 Besar), Sabtu (8/7/2017) malam WIB:

Nomor Pembalap Mobil Waktu/Jarak
1 Valtteri Bottas Mercedes 1 menit 04,251 detik
2 Sebastian Vettel Ferrari 0,042 detik
3 Kimi Raikkonen Ferrari 0,528 detik
4 Daniel Ricciardo Red Bull 0,645 detik
5 Max Verstappen Red Bull 0,732 detik
6 Romain Grosjean Haas 1,229 detik
7 Sergio Perez Force India 1,354 detik
8 Lewis Hamilton Mercedes 0,173 detik
9 Esteban Ocon Force India 1,423 detik
10 Carlos Sainz Toro Rosso 1,475 detik

Keterangan: Hamilton dihukum mundur lima grid karena pelanggaran dalam pemasangan girboks di latihan bebas.

Sumber: autosport