WIMBLEDON 2017 : Konta Patahkan Rekor Hampir 40 Dekade Silam

Petenis Inggris, Johanna Konta. (JIBI/REUTERS - Issei Kato)
13 Juli 2017 14:04 WIB Hanifah Kusumastuti Sport Share :

Wimbledon 2017 diwarnai dengan Johanna Konta yang membuat sejarah.

Solopos.com, LONDON Penampilan apik Johanna Konta di Wimbledon 2017 ini mendapat atensi besar dari publik tuan rumah. Apalagi, Konta mencatat sejarah sebagai petenis berkebangsaan Inggris pertama yang mampu menembus semifial Wimbledon sejak hampir empat dekade silam.

Sejarah itu diukir Konta setelah menaklukkan Simona Halep pada perempat final dengan rubber set 6-7(2) , 7-6(5),  6-4 pada Selasa (11/7/2017) waktu setempat. Konta memaksa Halep yang juga unggulan kedua dua tersebut terkekan di baseline dalam pertarungan epik selama tiga set tersebut.

“Simona benar-benar tidak memberiku banyak kelonggaran sehingga saya harus benar-benar mengkreasi peluangku sendiri dan saya berhasil melakukannya,” jelas Konta, seperti dilansir Reuters.

Petenis kelahiran Sydney, Australia, tersebut memiliki tiga kewarganegaraan, yakni Inggris, Australia, dan Hungaria. Tak ayal, ia termasuk salah satu idola penonton Wimbledon.

Keberhasilannya menekuk Halep sekaligus mengantarnya sebagai petenis tuan rumah pertama yang menembus semifinal Wimbledon sejak Virginia Wade melakukan hal serupa pada 1978 alias 39 tahun silam. Wade yang ikut menyaksikan pertarungan tersebut dari tribune penonton pun berharap banyak kepada petenis berusia 26 tahun itu.

“Sangat menyenangkan berhasil menjadi petenis Inggris terakhir yang menang di Wimbledon, namun lebih baik lagi jika banyak petenis Inggris yang menang. Jika saya dapat kesempatan, saya akan beritahu Johanna [Konta] dia sudah bermain bagus dan semoga beruntung,” jelas Wade.

Yel-yel “C’Mon Jo” menggema dari tribune penonton Wimbledon 2017. Rupanya chant tersebut bisa menggenjot semangat Konta yang menjadi underdog di hadapan Halep. Konta yang sempat teringgal di awal-awal permainan bangkit untuk mengejar ketertinggalan.

Bagi Halep, kekalahan ini gagal naik ke peringkat satu dunia. Ranking pertama dunia akan diraih Bizarrely Pliskova yang akan diumumkan, Senin (19/7/2017).

Konta akan bertemu di Venus Williams di semifinal, Kamis (13/7/2017) pukul 19.00 WIB. Kakak kandung Serena Williams tersebut menaklukkan petenis remaja yang sedang naik daun, Jelena Ostapenko dengan stright set 6-3, 7-5.

Tokopedia