FORMULA ONE 2017 : Bertahan Atau Berpisah dengan Honda, McLaren?

Pembalap McLaren Fernando Alonso (JIBI/REUTERS - Jason Cairnduff)
18 Juli 2017 01:30 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Formula One 2017 diwarnai dengan performa kurang oke McLaren.

Solopos.com, WOKING — Fernando Alonso mulai mengultimatum McLaren agar segera mengambil keputusan soal mesin mobil di Formula One (F1) musim depan. Hal itu menyusul penyedia mesin mereka saat ini, Honda, yang belum kunjung reliabel untuk mengarungi kompetisi.

Sejauh ini McLaren baru mendulang dua poin dari 10 balapan di Formula One 2017. Poin tersebut disumbangkan Alonso saat meraih posisi sembilan di GP Azerbaijan, 25 Juni 2017. Tim yang bermarkas di Woking Inggris itu sebenarnya mulai menunjukkan kemajuan di dua race terakhir yakni GP Austria dan GP Inggris.

Alonso maupun Stoffel Vandoorne bahkan beberapa kali masuk 10 besar saat sesi latihan bebas maupun kualifikasi. Namun saat balapan performa McLaren kembali melorot. “Terserah mereka [kapan akan membuat keputusan]. Namun semakin cepat Anda membuat keputusan, semakin baik persiapan yang Anda punya untuk musim depan,” ujar Alonso seperti dilansir Motorsport, Minggu (16/7/2017).

Skuat Woking tersebut diyakini sedang mempertimbangkan berpisah dengan Honda menyusul musim yang buruk. Di GP Inggris akhir pekan lalu, McLaren sebenarnya berpotensi meraih poin tambahan setelah Vandoorne memulai start dari posisi delapan. Sayang pembalap muda itu akhirnya hanya finis di posisi 11 alias nihil poin. Alonso lebih sial. Start dari posisi buncit menyusul hukuman penalti akibat pergantian mesin, juara dunia dua kali itu gagal finis setelah mengalami problem bahan bakar.

“Saya kira mereka [McLaren] akan membuat keputusan dini. Jelas saya akan mendukung keputusan apapun yang mereka buat,” ucap Alonso.

Mempunyai mesin yang kompetitif pada musim 2018 bisa menjadi senjata McLaren jika ingin mempertahankan Alonso. Kontrak pembalap Spanyol itu sendiri akan habis akhir musim ini. Alonso berulangkali mengisyaratkan bahwa bagian terlemah dalam paket McLaren tahun ini adalah power unit yang disiapkan Honda.

“Untuk sekarang GP Hungaria adalah kesempatan yang baik untuk kami. Semoga kami bisa berbuat lebih banyak di sana,” ujar Alonso.

Tokopedia