MOTOGP 2017 : Tiga Tim Maksimalkan Potensi di Tes Privat

20 Juli 2017 16:25 WIB Hanifah Kusumastuti Sport Share :

Motogp 2017 tengah libur paruh musim.

Solopos.com, MASARYKUV — Tiga tim Motogp 2017, Honda, Ducati, dan KTM, melakukan pemanasan dengan turun di sesi tes privat saat jeda musim panas ini berakhir.

Libur lima pekan tanpa sesi balapan antara GP Jerman dengan GP Rep. Cheska, tidak berarti membuat tim-tim Motogp tersebut bersantai di rumah. Mereka turun  dalam tes privat untuk memaksimalkan potensi sebelum turun pada GP Rep. Cheska di Sirkuit Brno, 6 Agustus 2017 mendatang.

Dua rider Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, menjajal sasis baru saat menuntaskan dua hari tes privat di Sirkuit Brno, Selasa (18/7/2017). Menurut media Spanyol, AS, Honda berharap ada peningkatan stabilitas berkendara setelah melakukan tes tersebut.

Marquez sempat menegaskan pentingnya persiapan menjelang paruh kedua musim 2017 ini. Seperti diketahui, persaingan ketat terjadi di klasemen papan atas pembalap Moto GP kali ini. Marquez bersaing sengit dengan Maverick Vinales (Yamaha), Andrea Dovizioso (Ducati), dan Valentino Rossi (Yamaha) dalam perebutan juara dunia.

Marquez memang masih memimpin klasemen sementara pembalap setelah melewati paruh pertama musim ini dengan mengoleksi 129 poin. Namun, dia hanya unggul tipis dari lawan-lawanya, masing-masing lima poin atas Vinales, enam poin atas Dovizioso, 10 poin atas Rossi. Selain itu, rekan setim Marquez, Dani Pedrosa, juga belum mau melempar handuk dengan tertinggal 26 poin dari puncak di posisi kelima.

“Kami harus lebih konsisten, ini akan jadi kunci di paruh kedua musim ini, karena ini sangat ketat. Kami, empat pembalap dalam rentang 10 poin, lima rider dengan 26 poin,” jelas Marquez belum lama ini, seperti dilansir Motogp.com, Rabu (19/7/2017).

Pada GP Rep. Cheska musim lalu, Marquez dan Rossi sama-sama naik podium. Rossi menempati urutan kedua, sementara Marquez di podium ketiga. Mereka finis di belakang Cal Cruthlow yang mencatat waktu tercepat. Marquez pun harus waspada jika tidak mau posisinya di puncak klasemen dikudeta para rival. Rossi mengenal baik Sirkuit Brno dengan menang lima kali, sementara Pedrosa dua kali menang.

Sementara itu, Danilo Petrucci dan Scott Redding dari Ducati turun dalam latihan tertutup di Misano, Italia. Sedangkan dua pembalap KTM, Bradley Smith dan Pol Espargaro bergabung dengan pembalap Mika Kallio dan rising-star Moto2, Miguel Oliviera, untuk  tes privat di Aragon.