KEJUARAAN VOLI ASIA 2017 : Indonesia Libas Arab Saudi di Laga Perdana

Timnas Voli Indonesia (JIBI/ANTARA FOTO - Zabur Karuru)
24 Juli 2017 21:25 WIB Redaksi Solopos Sport Share :

Kejuaraan Voli Asia 2017 menyajikan kemenangan Indonesia di laga perdana.

Solopos.com, GRESIK — Timnas voli putra Indonesia yang dipersiapkan untuk ajang SEA Games 2017 langsung memetik hasil optimal di Kejuaraan Voli Asia 2017. Dalam laga perdana yang digelar di GOR Tridharma Petrokimia Gresik, Timnas sukses mengalahkan Arab Saudi dengan skor 3-1 (25-23, 25-21, 22-25, 26-24). Kemenangan ini melambungkan asa Indonesia untuk meraih target delapan besar di turnamen.

Kejuaraan Voli Asia 2017 memang menjadi simulasi Timnas menyambut SEA Games 2017 yang digelar 16-30 September. Di ajang multievent se-Asia Tenggara, target Timnas voli tak main-main yakni meraih medali emas. Ketua Umum PB PBVSI, Imam Sudjarwo, mengaku puas dengan Timnas yang meraih kemenangan di laga perdana melawan Arab Saudi.

Pihaknya mengaku tak muluk-muluk soal target di kejuaraan tingkat Asia itu. “Yang terpenting sukses penyelenggaraannya, kedua tentu sukses prestasi. Harapan kami Timnas bisa masuk delapan besar,” ujar Imam seperti dilansir Liputan6.com, Senin (24/7/2017).

Imam mengatakan Kejuaraan Voli Asia menjadi ajang uji coba ideal untuk SEA Games. Di turnamen itu, tim asuhan Samsul Jais ini masuk di grup cukup berat yang beranggotakan Arab Saudi, Kazakhstan dan Qatar. Namun persaingan ini bisa menggembleng Timnas untuk meraih hasil terbaik di SEA Games.

Imam tak menampik menargetkan medali emas untuk Timnas putra maupun putri di ajang dua tahunan itu. Selain menggelar sejumlah ekshibisi, PBVSI membentuk Badan Tim Nasional yang bertugas menjaring atlet terbaik untuk mewujudkan target emas. “Sejauh ini kendala utama adalah postur. Ke depan kami akan mulai proses rekrutmen sejak anak SD,” tambahnya.

Timnas voli putra Indonesia sebenarnya belum begitu solid meski sukses membenamkan Arab Saudi. Banyak penerimaan bola pertama yang kurang bagus dari Sigit Ardian dkk. Namun kelemahan itu mampu ditutup dengan smes-smes keras yang sulit diantisipasi pemain Arab Saudi. Sempat kehilangan angka di game ketiga setelah menang di dua game awal, Indonesia memastikan kemenangan di game keempat dengan keunggulan angka tipis 26-24.