Usia Sudah 49 Tahun, Agus Rambo Tetap Incar Tiket Kejurnas Binaraga 2017

Ilustrasi laga cabang olah raga binaraga di PON XIX Jawa Barat 2016. (JIBI/Solopos - Antara)
26 Juli 2017 06:30 WIB Tri Wiharto Sport Share :

Agus Rambo

Solopos.com, SOLO — Binaragawan senior Solo, Agus “Rambo” Wahana, berambisi memperkuat kontingen Jawa Tengah dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Persatuan Angkat Besi, Binaraga dan Angkat Berat (PABBSI) di Medan, September 2017 mendatang.

Sebagai pemanasan, Rambo mengejar hasil terbaik di Liga PABBSI Jawa Tengah yang akan digelar di Bandungan, Kabupaten Semarang, Kamis-Minggu (27-30/7/2017).

Nama Rambo kembali menjadi perbincangan publik seusai meraih emas bagi kontingen Solo dalam comeback-nya di dunia binaraga saat mengikuti Liga PABBSI, Februari 2017 lalu. Atlet berusia 49 tahun ini langsung menjadi yang terbaik di kelas 70 kilogram (kg) setelah vakum sembilan tahun. Meski usianya tak lagi muda, Rambo rupanya masih berkeinginan meraih prestasi-prestasi lain di ajang binaraga.

“Akhir bulan ini [Juli 2017] saya akan mengikuti Liga PABBSI di Bandungan. Harapannya kontes itu bisa mengantar saya terpilih mengikuti kejurnas,” ucap Rambo saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (25/7/2017).

Walau baru sepekan terakhir mempersiapkan diri menuju Liga PABBSI, Rambo optimistis bisa mengulang hasil impresif di ajang yang sama lima bulan lalu. Di kontes kali ini, Rambo mengaku akan mengikuti lomba di kelas 65 kg. Saat ini dia bekerja keras untuk diet lantaran berat badannya masih di angka 68 kg.

“Persiapan ideal mengikuti kontes mestinya 40 hari sebelumnya. Sayangnya saya baru dapat info ajang di Semarang beberapa hari lalu. Mau tidak mau saya harus menggeber latihan disertai pengaturan pola makan,” ucap lelaki yang bekerja di dunia properti ini.

Rambo optimistis dapat bersaing dengan binaragawan yang berusia lebih muda untuk meraih juara dan tampil di ajang Kejurnas. Sejak “turun gunung” awal tahun ini, Agus latihan rutin untuk mengejar fisik seperti pada masa kejayaannya, tahun 2000-an. Membentuk ketebalan otot menjadi fokusnya untuk tampil maksimal.