FORMULA ONE 2017 : GP Hungaria: Modifikasi Red Bull Sukses Besar

Pembalap Red Bull Daniel Ricciardo menjuarai GP Malaysia. (REUTERS - Edgar Su)
29 Juli 2017 01:30 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Formula One 2017 memasuki GP Hungaria.

Solopos.com, BUDAPEST — Saat Red Bull merilis mobil barunya awal musim ini, mereka menyertakan tagline “lucky for some” dengan harapan bisa meraih hasil lebih baik di ajang jet darat.

Namun bukannya keberuntungan yang didapat, pembalap Red Bull seperti giliran bernasib sial di ajang Formula 1 (F1). Max Verstappen bahkan sudah gagal finis lima kali yang membuat tagline Red Bull diplesetkan menjadi “unlucky for some” oleh sejumlah media.

Namun kesialan ini seolah mulai menjauhi Red Bull menyusul kemenangan Daniel Ricciardo di GP Azerbaijan. Red Bull malah giliran didekati nasib mujur menyusul Ricciardo yang sukses meraih posisi pertama di latihan bebas perdana di Sirkuit Hungaroring, Jumat (28/7/2017). Rekannya, Verstappen, juga menorehkan hasil cukup baik dengan menjadi yang tercepat keempat.

Modifikasi besar-besaran yang dilakukan pada sasis RB13 agaknya langsung berdampak pada reliabilitas Red Bull. Tim dengan simbol banteng ini mengubah bentuk sayap depannya untuk menghindari piranti itu melentur saat kecepatan tinggi.

Mereka juga memasang perangkat pengukur aerodinamika untuk menjaga laju mobil. Pembenahan pun menyasar terowongan angin (windtunnel) untuk merespons downforce (gaya yang dihasilkan oleh gravitasi dari bawah).

Belum jelas apakah perubahan ini mampu memberikan efek instan dalam balapan. Namun melihat hasil di latihan bebas pertama, pabrikan asal Milton Keynes, Inggris, ini dapat berharap pembalapnya bisa meraih hasil positif di Hungaroring. Ricciardo mengatakan modifikasi yang dilakukan tidak untuk mengubah besar-besaran RB13. Namun dia meyakini modifikasi itu dapat meningkatkan performa mobil di trek.

“Ada pembaruan yang besar dari segi aerodinamika. Ketika saya mengatakan perubahan besar, apakah itu langsung berkorelasi dengan catatan waktu? Mungkin tidak, tapi hal ini bisa mendorong kami membentuk filosofi membalap yang kami inginkan,” ujarnya seperti dilansir Motorsport, Jumat (28/7/2017).

Selain Red Bull, McLaren dan Renault ikut meraih hasil gemilang di latihan bebas perdana. Dua tim papan bawah ini sukses menempatkan para pembalapnya di 10 besar. Adapun pemimpin klasemen sementara, Sebastian Vettel, harus puas di posisi enam.