KEJUARAAN BULU TANGKIS JUNIOR ASIA : Rehan/Fadia Dikepung 3 Wakil Korsel di Semifinal

Rehan Naufal Kusharjanto - Siti Fadia Silva Ramadhanti (Badmintonindonesia.org)
29 Juli 2017 03:30 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia menyajikan Rehan/Fadia lolos ke semifinal.

Solopos.com, JAKARTA — Hasil impresif ditorehkan ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti seusai membekuk pasangan Malaysia, Wei Chong Man/Sueh Jeou Tan 21-18, 19-21, 21-17 dalam perempatfinal Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia 2017 di PB Jaya Raya Sport Hall Jakarta, Jumat (28/7/2017).

Mereka melaju ke semifinal bersama tiga wakil Korea Selatan (Korsel) yang sukses mengalahkan lawan-lawannya di babak sebelumnya. Di sisi lain, wakil Indonesia di sektor tunggal habis setelah Ikhsan Leonardo Imanuel dan Choirunnisa tumbang di perempat final.

Dikepung tiga pasangan Korsel, Rehan/Fadia mengaku sudah banyak mempelajari permainan lawan dari Negeri Ginseng tersebut. Pasangan muda Indonesia ini menitikberatkan pada masalah konsentrasi untuk membungkam Chan Wang/Kim Min Ji di semifinal, Sabtu (29/7/2017).

Di babak perempat final, Chan/Kim mengalahkan pasangan Tiongkok Fan Qiuyue/Xuanxuan Liu dengan pertarungan sengit 14-21 22-20 21-15. “Mereka konsentrasi dan pertahanannya lebih bagus. Dari awal sampai akhir bisa konsisten terus,” kata Fadia mengenai pasangan Korsel unggulan tujuh itu, dilansir Badmintonindonesia.org, Jumat (28/7/2017).

Saat mengalahkan Wei/Sueh, Rehan/Fadia menerapkan strategi no lob cepat. Mereka sempat kerepotan meladeni pasangan Malaysia itu di game pertama sehingga kalah 14-21. Namun di game ketiga, mereka mulai meingkatkan tempo permainan sehingga menang 21-15.

Kesuksesan Rehan/Fadia melangkah ke semifinal diikuti pasangan ganda putri Jauza Fadhila Sugiarto/Ribka Sugiarto. Unggulan keempat turnamen ini membekuk pasangan Tiongkok, Yang Chenxue/Zhou Meng dua game langsung 21-12, 21-15.

Sayang kesuksesan mereka tak diikuti ganda putri lain yakni Serena Kani/Pitha Haningtyas Mentari. Serena/Mentari harus memendam asa ke semifinal setelah ditaklukkan ganda Tiongkok, Xuanxuan Liu/Yuting Xia, 21-13, 21-17. Xuanxuan/Yuting akan ditantang Jauza/Ribka di semifinal.

Kekalahan juga dirasakan tunggal putra Ikhsan Leonardo Imanuel yang dibungkam Chen Ci Ting (Taiwan) 15-21, 21-9, 20-8 serta tunggal putri Choirunnisa yang disikat pemain Singapura Yeo Jia Min lewat rubber game 21-18, 15-21, 22-20. Namun perjuangan Choirunnisa patut dipuji karena mampu menyulitkan Yeo yang notabene unggulan kedua.

“Kita tahu Nisa tidak diunggulkan, kam terbang lawan juga lebih bagus. Sata tetap apresiasi penampilan Nisa. Saya puas dengan daya juangnya,” ujar pelatih tunggal putri pratama, Herli Djaenudin.

Tokopedia