KEJUARAAN DUNIA BULU TANGKIS : Konsentrasi Terpecah, Indonesia Targetkan 1 Gelar

Marcus Fernaldi Gideon - Kevin Sanjaya Sukamuljo (Badmintonindonesia.org)
15 Agustus 2017 15:25 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis bakal diikuti atlet Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA – Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) menghadapi dua tantangan besar pada Agustus 2017 ini. Dalam kurun waktu yang hampir bersamaan, PBSI harus membagi kekuatan untuk berebut gelar di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017 dan SEA Games Malaysia 2017.

Karena terpecahnya konsentrasi itu, Indonesia pun hanya membidik satu gelar saja pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017 yang dimulai pekan depan. Sebanyak 12 wakil Indonesia siap diturunkan dalam turnamen yang digelar di Glasgow, Skotlandia.

“Target PBSI kali ini satu gelar juara. Sektor yang kami harapkan yaitu dari ganda putra dan ganda campuran. Kesiapan atlet sendiri cukup baik. Semoga kondisi terbaik ini bisa terus dipertahankan. Semangat dan kerja keras juga kami harapkan agar target bisa dicapai,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti di Badmintonindonesia.org, Selasa (15/8/2017).

Senada dengan Susy, manajer tim Indonesia untuk kejuaraan dunia, Lius Pongoh mengatakan kondisi atlet yang akan bertanding saat ini dalam posisi yang cukup baik. Mereka dinilai siap bertanding dan siap memberikan penampilan terbaik.

“Persiapan secara khusus tidak ada yang signifikan. Tetapi saya yakin pelatih sudah mempunyai rencana untuk para atlet. Apalagi atlet ganda putra sudah mengadakan training camp di PB Mutiara Bandung pada tanggal 24-27 Juli 2017 dan ganda campuran di PB Djarum Kudus tanggal 30 Juli-5 September 2017 kemarin,” ujar Lius.

Pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2015 lalu, Indonesia berhasil membawa pulang satu gelar juara melalui pasangan ganda putra, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Selain satu medali emas, Indonesia juga meraih tiga medali perunggu lewat Linda Wenifanetri (tunggal putri), Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari (ganda putri) dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (ganda campuran).

Pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017 ini, Indonesia menurunkan Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto, Sony Dwi Kuncoro di sector tunggal putra. Kemudian ada Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro di nomor ganda putra.

Untuk ganda campuran, Indonesia diwakili Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Praveen Jordan/Debby Susanto, Lukhi Apri Nugroho/Ririn Amelia dan Irfan Fadhilah/Weni Angraini. Pada sektor tunggal putri dan ganda putri, Pelatnas PBSI tidak menurunkan wakilnya untuk bertanding. Namun Indonesia diwakili oleh pemain klub, yaitu Lyanny Alessandra Mainaky untuk tunggal putri dan duet Indonesia-Malaysia, Ririn Amelia/Anna Ching Yik, di sektor ganda putri.

Tokopedia