SEA GAMES 2017 : Jadi Andalan Indonesia, Jonatan Christie Perkuat Mental

Jonatan Christie (Badmintonindonesia.org)
16 Agustus 2017 17:25 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

SEA Games 2017 diwarnai dengan Jonatan Christie yang menjadi andalan Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA – Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, menjadi ujung tombak di ajang SEA Games 2017. Dia akan diandalkan dalam pertandingan beregu putra sekaligus ditargetkan meraih medali emas pada perorangan.

Tim bulu tangkis beregu putra Indonesia memang ditarget emas. Apalagi pada edisi SEA Games sebelumnya di Singapura, Indonesia berhasil meraih gelar juara. Sementara di nomor perorangan, Jonatan menjadi salah satu andalan karena beberapa wakil kawakan Indonesia akan mengikuti Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017.

Menjadi andalan Indonesia di SEA Games 2017, Jonatan pun mempersiapkan banyak hal. Tak hanya tekni, pemain jebolan klub Tangkas Intiland ini juga mengasah ketahanan mentalnya. Dalam pertandingan terakhirnya di New Zealand Open Grand Prix Gold, Jonatan terhenti di babak kedua.

“Waktu di New Zealand, memang mental bertanding saya anjlok, waktu itu saya berstatus unggulan ketiga. Saya sudah berusaha untuk tidak terpengaruh, tetapi tidak bisa dibohongi, waktu di lapangan terasa,” ujar Jonatan seperti dikutip dari Badmintonindonesia.org, Rabu (16/8/2017).

“Pengalaman yang bisa diambil, jangan terlalu mikirin status unggulan, yang penting fokus dan bagaimana menerapkan strategi,” tambahnya.

Jonatan mengungkapkan sesi bersama psikolog yang difasilitasi Satlak Prima dirasa sangat bermanfaat untuknya. Setelah bertukar pikiran bersama sang psikolog, Jonatan mendapat banyak masukan tentang bagaimana ia mengatasi masalah di lapangan.

“Menurut saya ini penting sekali ya, pikiran dan mental itu punya bobot 60 persen. Kalau teknik, kami sudah persiapkan matang sekali. Tetapi kalau mental di lapangan sudah kena, percuma saja persiapan tekniknya,” tutur Jonatan.

Tim bulu tangkis Indonesia untuk SEA Games 2017 rencananya akan bertolak ke Kuala Lumpur, Malaysia, pada 20 Agustus 2017.Mereka akan bertanding pada 22-29 Agustus 2017.

Tokopedia