KEJUARAAN TENIS PELAJAR ASIA : Peluang Wujudkan All Indonesian Final Terbuka Lebar

Petenis Indonesia Samantha mengembalikan bola saat bertanding melawan petenis Malaysia Sukiti dalam 5Th Asean Schools Tennis Championships di lapangan Tenis Manahan,Solo, Selasa (22/8/2017). (JIBI/SOLOPOS - Sunaryo Haryo Bayu)
25 Agustus 2017 14:06 WIB Moh Khodiq Duhri Sport Share :

Kejuaraan Tenis Pelajar Asia digelar di Kota Solo.

Solopos.com, SOLO — All Indonesian Final berpeluang terjadi di nomor tunggal putra Kejuaraan Tenis Pelajar Asia di Lapangan Tenis Gelora Manahan, Solo. Dua wakil Indonesia yakni M. Rifqi Fitriadi dan M. Althaf Dhaifullah melaju ke babak semifinal setelah menumbangkan lawan masing-masing, Kamis (24/8/2017).

M. Althaf tidak mengalami kesulitan saat menghadapi wakil Singapura, Cheng Zai perempat final. M. Althaf yang duduk di ranking 360 dunia menang dengan skor 9-3 atas Cheng Zai yang menduduki ranking 1.815 dunia. Di babak semifinal, Althaf akan menghadapi Akanit Pumjit dari Thailand. Pumjit melaju ke semifinal setelah mengalahkan wakil Tiongkok, Yu Jiandong dengan skor 9-7.

Sementara M. Rifqi Fitriadi juga mengeleminasi wakil Singapura, Koey Jiang dengan skor 9-1. Di semifinal, Rifqi juga akan menghadapi wakil Thailand, Tonkla Mulada, yang sebelumnya mengalahkan wakil India, Shivank Bhatnagar.

“Skenario all Indonesian final itu bisa terwujud jika Althaf dan Rifqi bisa mengalahkan wakil dari Thailand. Rencananya, babak semifinal akan digelar besok [Jumat, 25/8/2017],” ujar perwakilan panitia kejuaraan, Yayan Rubaeni, kepada Solopos.com  seusai pertandingan.

Pelatih Tim Tenis Indonesia, Sulistyono, mengaku berat mewujudkan all Indonesian final. Menurutnya, lawan yang dihadapi Althaf dan Rifqi sama-sama dari Thailand yang punya kualitas mumpuni. “Pemain Thailand rata-rata bagus semua. Tapi, mudah-mudahan kami bisa mengalahkan mereka. Yang bermain di babak semifinal adalah para pemain terbaik dari tiap negara,” papar Sulistyono.

Hasil kurang baik didapat dari nomor ganda putra yakni Rindosa/Indra Wahyu. Petualangan pasangan Indonesia ini harus terhenti di babak perempat final setelah dikalahkan wakil Thailand, Natthasith Kunsuwan/Kasidit Samrej dengan skor 9-7. Namun, di nomor ini, pasangan M. Althaf/Iswandaru mamu melaju ke babak semifinal setelah menumbangkan wakil Malaysia Naufal Siddiq/M. Aiman dengan skor 9-7.

Hasil mengecewakan juga terjadi di nomor tunggal putri. Fitriani Sabatini tak mampu mengatasi perlawanan wakil India, Vaidehee Chaudhari. Fitriani kalah dengan skor 9-4. Namun, di nomor ini, wakil Indonesia lain, Janice Tjen, mampu melaju ke babak semifinal setelah mengalahkan Tejasvi Kate dari India dengan skor 9-3.

Tokopedia