MOTOGP 2017 : GP Inggris: Kemenangan Rossi Sirna, Dovizioso Juara

27 Agustus 2017 22:18 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Motogp 2017 menyajikan balapan di GP Inggris.

Solopos.com, NORTHAMPTONSHIRE — Andrea Dovizioso berhasil menjadi juara Motogp Inggris 2017. Pembalap Ducati itu mengalahkan duo Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi.

Dalam balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Silverstone, Minggu (27/8/2017) malam WIB, Valentino Rossi yang start dari posisi kedua langsung tancap gas dan berhasil menyalip Marc Marquez. Maverick Vinales yang start di posisi keempat pun bisa menduduki posisi ketiga.

Pada putaran kedua, Vinales mampu melewati Marquez untuk menduduki posisi kedua. Sementara Andrea Dovizioso menguntit di posisi keempat, diikuti Cal Crutchlow yang sebelumnya memulai balapan dari posisi ketiga.

Memsuki putaran kelima, Marquez kembali disalip oleh pembalap lain. Kali ini, Dovizioso yang mampu menyodok ketiga. Sementara posisi dua terdepan diduduki oleh duo Yamaha. Namun, Rossi sedikit menjauhi para rival dengan selisih 0,840 detik. Sementara tiga pembalap di belakangnya saling berdekatan.

Saat balapan menyisakan 10 putaran lagi, Rossi masih memimpin balapan. Namun, jaraknya dengan para rival kian menipis. Dia hanya unggul 0,473 detik dari Vinales di posisi kedua. Di posisi ketiga masih menguntit Dovizioso diikuti Marquez.

Tak lama berselang, pertarungan Vinales dan Dovizioso yerjadi. Kedua pembalap saling salip di beberapa tikungan pada putaran ke-10 ini. Namun, Dovizioso lah yang akhirnya merebut posisi kedua hingga lap ke-10 ini berakhir.

Saatbalapan tinggal tujuh lap lagi, Marquez mengalami masalah. Motornya mengeluatkan asap dan membuatnya tak bisa melanjutkan balapan. Padahal, dia cukup kompetitif. Pada tahap ini, Rossi masih di posisi pertama, namun hanya unggul 0,3 detik dari Dovizioso di posisi kedua.

Terus memimpin balapan, posisi terdepan milik Rossi akhirnya diakuisisi oleh Dovizioso saat balapan menyisakan tiga putaran lagi. Tak lama berselang, The Doctor harus rela turun ke posisi ketiga karena rekan setimnya berhasil menyalipnya. Posisi tersebut tak berubah hingga mereka menyentuh garis finis.

Hasil Motogp Inggris 2017 (10 Besar):
1. Andrea Dovizoso
2. Maverick Vinales
3. Valentino Rossi
4. Cal Crutchlow
5. Jorge Lorenzo
6. Johan Zarco
7. Dani Pedrosa
8. Scott Redding
9. Alex Rins
10. Alvaro Bautista

Tokopedia