FORMULA ONE 2017 : Hamilton Tempel Vettel, Perebutan  Juara Dunia Kian Sengit

Lewis Hamilton (JIBI/REUTERS - Albert Gea)
28 Agustus 2017 07:25 WIB Hanifah Kusumastuti Sport Share :

Formula One 2017 diwarnai dengan Lewis Hamilton yang menjuarai GP Belgia.

Solopos.com, STAVELOT — Perebutan juara dunia Formula One (F1) semakin sengit dalam delapan seri balapan tersisa musim ini. Itu terjadi setelah jagoan Mercedes, Lewis Hamilton, menjuarai Grand Prix (GP) Belgia di Sirkuit de Spa-Francorchamps, Stavelot, Minggu (27/8/2017).

Hamilton finis tercepat di depan pesaing terberatnya, Sebastian Vettel, dari Ferrari di Spa-Francorchamps. Pembalap Inggris tersebut mampu memanfaatkan momentum safety car dalam tiga lap tersisa untuk finis di depan Vettel. Hamilton unggul 2,538 detik di depan Vettel. Sementara podium ketiga diduduki pembalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo.

Ini menjadi kemenangan race ke-58 dalam karier Hamilton. Tapi paling penting, Hamilton kini semakin menempel Vettel di lintasan perebutan gelar juara dunia balapan roda empat paling prestisius di dunia ini. Hasil maksimal di Belgia membuat Hamilton mengepras gap menjadi hanya 7 poin dari Vettel yang masih berada di puncak klasemen sementara pembalap.

"Tim melakukan pekerjaan yang sangat hebat. Seb [sapaan Sebastian Vettel] bertarung luar biasa," jelas Hamilton seusai balapan, seperti dilansir Twitter resmi F1.

Hamilton yang menggenggam pole position pada GP Belgia ini mengawali balapan dengan apik. Dia langsung unggul 1,7 detik dari para pesaing sebelum berhenti untuk menggunakan ban lunak pada lap ke-12. Hamilton dan Vettel pun sempat bersaing sengit di Spa-Francorchamps. Dua juara dunia F1 ini terlibat wheel-to-wheel pada lap ke-34. Namun, Hamilton mampu mengamankan posisinya agar tidak disalip Vettel pada garis finis.

"Balapan kali ini sangat intens. Saya menunggu Lewis melakukan sebuah kesalahan, namun dia tidak melakukan kesalahan itu. Saya sebenarnya sudah sangat dekat saat restart," jelas Vettel.

Sementara itu, rekan setim Vettel, Kimi Raikkonen, finis di posisi keempat. Disusul kemudian rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas, di urutan kelima. Adapun pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen, mengalami masalah mekanik pada mobil yang dikendarinya sehingga tak bisa menyelesaikan balapan hingga garis finis. Jagoan McLaren, Fernando Alonso, juga retirement meski sudah berada di lap ke-25.

Tokopedia