MOTOGP 2017 : Rossi Patah Kaki, Pengganti Masih Misteri

Valentino Rossi (Twitter)
04 September 2017 13:49 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Motogp 2017 diwarnai dengan Valentino Rossi yang mengalami cedera.

Solopos.com, RIMINI — Yamaha belum memastikan pembalap pengganti Valentino Rossi di Motogp sebulan ke depan. Hal itu menyusul sang pembalap yang mengalami patah kaki setelah kecelakaan saat berlatih motocross Enduro, Kamis (31/8/2017) waktu setempat. Otoritas Moto GP memberi tenggat hingga 10 hari ke depan bagi Yamaha untuk mencari pengganti Rossi.

The Doctor, julukan Rossi, diperkirakan perlu istirahat 30-40 hari untuk pemulihan cedera patah tulang kaki kanan. Sempat dirujuk ke rumah sakit di Rimini dan Ancona, Italia, Rossi sudah diizinkan pulang dan akan memulai proses rehabilitasi. Kondisi Rossi seusai operasi cukup baik sehingga dia tak jadi menginap tiga hari di Ancona.

Kecelakaan yang menimpa Rossi memaksanya absen dalam duel di Sirkuit Misano, 10 September 2017 dan Sirkuit Aragon, 24 September 2017. Namun Yamaha hingga kini belum dapat menentukan pengganti Rossi di dua balapan ke depan.

Manajer Komunikasi Yamaha, William Favero, menyebut Yamaha kini fokus membantu Rossi untuk pulih secepat mungkin. Dia tak menampik belum menyiapkan pengganti bagi pembalap Italia itu. “Prioritasnya adalah kondisi Valentino dan bagaimana pemulihannya,” ujar Favero seperti dilansir Cycleworld, Sabtu (2/9/2017).

Otoritas Motogp, Dorna Sport, sudah mendesak Yamaha agar segera mencari pembalap pendamping Maverick Vinales. Hal ini karena balapan di Misano tinggal sepekan lagi. Jika mengacu spekulasi suksesor Rossi yang sempat bergaung setahun terakhir, pembalap muda seperti Luca Marini, Romano Fenati, dan Nicolo Bulega berpeluang menggantikan The Doctor.

Marini dan Fenati adalah pembalap prospektif di Moto2, sedangkan Bulega juara Moto3 tahun 2014 dan 2015. “Kami akan memutuskan apa yang harus dilakukan untuk Misano dan putaran berikutnya. Saat ini kami tidak ingin memprediksi apapun,” tambah Favero.

Rossi sendiri mengaku sudah baikan setelah menjalani operasi patah tulang tibia dan fibula pada kaki kanannya, Jumat (1/9/2017) waktu setempat. Rossi berencana memulai rehabilitasi sesegera mungkin agar cederanya segera pulih. “Saya menghabiskan malam dengan baik. Saya tidur dan pagi ini saya merasa lebih enak,” ujarnya seperti dilansir Motorsport.

Meski peluangnya meraih juara Motogp bisa dibilang sudah tertutup dengan cedera itu, Rossi mengaku tetap bersemangat untuk segera kembali ke trek. “Saya akan melakukan semua yang saya bisa untuk kembali secepat mungkin,” ucap Rossi.

 

Tokopedia