FORMULA ONE 2017 : Juara GP Italia, Hamilton Geser Vettel di Klasemen

Lewis Hamilton (JIBI/REUTERS - Albert Gea)
04 September 2017 15:25 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Formula One 2017 diwarnai dengan Lewis Hamilton yang menjadi juara GP Italia.

Solopos.com, MONZA — Memecahkan rekor pole position terbanyak, juara lomba dan mengudeta puncak klasemen sementara. Akhir pekan sempurna ini dirasakan Lewis Hamilton saat bertarung dalam GP Italia di Sirkuit Monza, Italia, Minggu (3/9/2017) malam WIB. Pembalap Mercedes itu benar-benar sukses mempermalukan Ferrari di kandang sendiri.

Tertinggal tujuh angka dari pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, sebelum lomba, kini Hamilton giliran memimpin klasemen dengan 238 poin. Pembalap asal Inggris itu unggul tiga poin dari Vettel dengan hanya menyisakan tiga balapan. Di Monza, Hamilton memang sudah digdaya sejak kualifikasi dengan meraih pole position ke-68 sepanjang kariernya, mengalahkan rekor legenda Formula 1, Michael Schumacher.

Dominasi ini berlanjut dalam lomba. Hamilton stabil di posisi pertama disusul rekannya, Valtteri Bottas. Adapun Vettel harus puas finis di posisi tiga. Hujan yang dikhawatirkan mengubah konstelasi perlombaan, seperti saat latihan bebas ketiga dan kualifikasi, ternyata urung terjadi. Dalam cuaca cerah, Hamilton mampu mengeluarkan kemampuan terbaik mobilnya untuk meraih kemenangan ke-59.

“Saya sangat senang, kami melakukan pekerjaan luar biasa. Power Mercedes sudah terbukti lebih baik dibanding Ferrari,” ujar Hamilton seperti dilansir Autosport, Minggu.

Namun acungan jempol tampaknya perlu diacungkan pada fans Ferrari. Meski pembalap di tim andalannya hanya finis di peringkat tiga dan lima, mereka tetap antusias menyambut Vettel layaknya juara.

Ribuan pendukung Ferrari “menginvasi” lintasan Monza untuk ikut merayakan podium ketiga Vettel. Mereka juga membentangkan dua bendera besar bergambar kuda jingkrak khas Ferrari. Hamilton sampai menyampaikan pujiannya pada pendukung tim asal Maranello itu. “Saya suka semangat mereka, mereka fantastis,” tutur Hamilton.

Vettel sendiri tampak tak terlalu gusar meski posisinya kini terkudeta Hamilton. Pembalap Jerman ini mengakui start-nya tak terlalu bagus sehingga gagal bergabung di rombongan terdepan sejak awal lomba. Dia juga merasa mobilnya mengalami masalah di 15 sampai 20 lap terakhir.

“Namun hal ini menjadi tak masalah jika melihat banyak orang yang memberikanku dukungan. Kami akan menjadi lebih kuat di sisa musim. Saya percaya itu,” ujar Vettel.  Duel Vettel-Hamilton akan berlanjut di GP Singapura yang akan digelar 17 September.

Klasemen Sementara (5 Besar)

Nomor  Pembalap                            Poin

1              Lewis Hamilton                 238

2              Sebastian Vettel               235

3              Valtteri Bottas                   197

4              Daniel Ricciardo               144

5              Kimi Raikkonen                 138