MOTO GP 2017 : Salip Petrucci di Lap Terakhir, Marquez Juara GP San Marino

Marc Marquez (Twitter - @HRC_Motogp)
10 September 2017 19:58 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Moto GP 2017 menyajikan seri di San Marino.

Solopos.com, SAN MARINO – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, berhasil menjadi juara Moto GP San Marino 2017. Marquez menang usai duel sengit dengan pembalap Octo Pramac Racing, Danilo Petrucci, di lap-lap terakhir.

Dalam balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Misano, Minggu (10/9/2017) malam WIB, Jorge Lorenzo yang start dari posisi kelima langsung tancap gas. Dia berhasil mengambil alih posisi pertama dari Maverick Vinales.

Lorenzo memimpin balapan di awal lomba diikuti Marc Marquez, Andrea Dovizioso, dan Cal Crutchlow. Sementara Vinales justru terus menurun posisinya. Bahkan dia harus turun ke posisi ketujuh saat putaran keempat, berbanding terbalik dengan Danilo Petrucci yang mampu merangsek ke posisi tiga besar.

Pada putaran kelima, Petrucci mampu menyusul Marquez untuk menduduki posisi kedua. Dia bahkan berada di posisi terdepan, satu putaran berikutnya, lantaran Lorenzo mengalami crash. Pembalap Ducati itu pun tak melanjutkan balapan.

Lintasan yang licin karena hujan memang membuat sejumlah pembalap terjatuh. Selain Lorenzo, Crutchlow juga harus tergelincir disusul Loris Baz. Memasuki putaran ke-10, Petrucci masih memimpin balapan diikuti Marquez dengan selisih 0,4 detik. Sementara Dovizioso terus membuntuti di posisi ketiga.

Persaingan sengit juga terjadi dalam perebutan posisi keempat. Vinales harus bersaing dengan Jack Miller dan Pirro yang terus membuntutinya. Bahkan jarak ketiganya tak lebih dari satu detik.

Sebanyak 18 putaran berlalu, Petrucci tetap mempertahankan posisinya menjadi yang terdepan. Marquez masih membuntuti di posisi kedua tapi jaraknya sedikit lebih jauh ketimbang sebelumnya yakni 0,6 detik. Disusul kemudian Dovizioso yang punya selisih waktu 1,1 detik dengan Petrucci.

Saat balapan menyisakan lima putaran lagi, perebutan juara seolah hanya milik Petrucci dan Marquez. Pasalnya, Dovizioso semakin jauh tertinggal. Bahkan Dovi tertinggal 4 detik dari Petrucci. Sementara Marquez tetap konsisten 0,6 detik di belakang Petrucci.

Selanjutnya, Marquez mampu mendekati Petrucci. Dia memberikan perlawanan ketat dan beberapa kali nyaris menyalip Petrucci. Akhirnya, pembalap berjuluk The Baby Alien itu mampu menyalip Petrucci di putaran terakhir dan menjadi juara.

Hasil GP San Marino (10 Besar)
No. Pembalap [GAP]
1. Marc Marquez [50:41.565]
2. Danilo Petrucci [+1.192]
3. Andrea Dovizioso [+1111.706]
4. Maverick Vinales [+16.559]
5. Michele Pirro [+19.499]
6. Jack Miller [+24.882]
7. Scott Redding [+33.872]
8. Alex Rins [+34.662]
9. Jonas Folger [+54.082]
10. Brad Smith [+57.964]