MOTO GP 2017 : Comeback! Rossi Tuai Hasil Buruk di Latihan Bebas GP Aragon

22 September 2017 23:25 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Moto GP 2017 diwarnai dengan Valentino Rossi yang comeback usai cedera.

Solopos.com, ALCANIZ —  Valentino Rossi tampaknya belum mampu kembali ke performa terbaik setelah comeback dari cedera patah kaki beberapa waktu lalu.

Dalam latihan bebas di GP Aragon, Spanyol, pembalap asal Italia itu meraih hasil kurang memuaskan. Di sisi lain duo pembalap Honda, Marc Marquez dan Daniel Pedrosa, bergantian menjadi yang tercepat di latihan bebas pertama dan kedua.

Keinginan Rossi untuk comeback cepat pascapemulihan cedera memang sempat dipertanyakan sejumlah pihak. Pembalap berjuluk The Doctor itu dianggap belum cukup fit untuk melibas lintasan. Terlebih, Aragon dikenal sebagai sirkuit berbahaya karena memiliki alur yang berlawanan dengan jarum jam.

Hasilnya pun dapat ditebak. Di latihan bebas pertama, Jumat (22/9/2017), Rossi hanya mampu berada di peringkat ke-18 dengan catatan waktu terbaik 2 menit 04,066 detik. Torehan waktunya di lintasan basah Aragon berjarak 2,823 detik dari Marquez di peringkat pertama.

Penampilannya di latihan bebas kedua semakin anjlok karena hanya berada di posisi 20. Meski demikian, Rossi patut diacungi jempol karena menunjukkan penampilan yang kuat. Catatan waktunya di lintasan kering itu juga lebih baik dibanding sesi sebelumnya.

Rossi mengklaim dirinya siap comeback di Aragon meski banyak suara yang menyebutnya terlalu nekat. “Awalnya saya berpikir baru akan kembali di Motegi. Namun saya bekerja keras untuk memulihkan diri dan mendapatkan kekuatan. Saya beruntung punya dokter yang sangat baik,” ujarnya seperti dilansir Crash, Jumat.

Dengan absen di seri Misano lalu, peluang Rossi menjuarai Moto GP musim ini sebenarnya sudah amat berat. Rossi kini terpaut 42 poin dari Marquez dan Andrea Dovizioso di posisi puncak.

Meski meraih hasil buruk di latihan bebas, Rossi meyakini akan segera menemukan performanya kembali. “Saya hanya membutuhkan sedikit waktu untuk kembali ke level terbaik,” ujar dia.

Kembalinya Rossi tak dirisaukan Marquez yang tengah mengejar titel juara. Selain belum menemukan performa terbaik, Rossi memang belum pernah juara di Aragon sepanjang keikutsertaannya di ajang Moto GP.

Meski demikian Marquez tetap menaruh respek pada The Doctor. “Bagi saya tak ada yang berubah. Namun [kembalinya Rossi] tentu adalag kabar baik,” ujar Marquez.