Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2017

Menpora Imam Nahrawi menyalami atlet National Paralympic Commitee Indonesia di hotel Lor In Dwangsa, Kartasura, Sukoharjo, Selasa (12/9). Para Atlet tersebut akan berlaga di Asean Para Games. (JIBI/SOLOPOS - Sunaryo Haryo Bayu)
23 September 2017 22:25 WIB Redaksi Solopos Sport Share :

ASEAN Para Games 2017 menyajikan Indonesia yang menjadi juara umum.

Solopos.com, SOLO – Indonesia menjadi juara umum ajang ASEAN Para Games 2017. Kontingen Merah Putih mengungguli tuan rumah Malaysia dan Thailand. Total, Indonesia mengoleksi 126 emas, 75 perak, dan 50 perunggu.

Dikutip dari Antaranews.com, Indonesia sendiri sudah memastikan gelar juara umum pada Jumat (22/9/2017). Saat itu, Indonesia mampu meraih 117 emas, 69 perak, dan 46 perunggu. Angka itu sudah tak mungkin lagi dikejar para rival hingga hari terakhir kejuaraan.

Kenyataannya memang demikian. Pasalnya, Malaysia yang menjadi runner up hanya mengumpulkan 90 emas, 85 perak, 82 perunggu. Sementara Thailand yang menempati peringkat ketiga memiliki 68 emas, 72 perak, dan 92 perunggu.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi pun bangga dengan pencapaian itu. Dia mengapresiasi prestasi kontingen Indonesia yang bertarung di ajang yang dilangsungkan sejak 17 September 2017 hingga 23 September 2017 itu.

"Indonesia berrhasil mencapai misi utama dalam ASEAN Para Games 2017 dengan merebut kembali tahta sebagai juara umum. Kemenangan itu seakan menebus kegagalan kita dalam SEA Games lalu," ujar Imam seperti dikutip dari Antaranews.com, Sabtu (23/9/2017).

"Mentalitas sebagai pemenang sesungguhnya telah ada dalam diri atlet-atlet para games kita saat mereka berjuang mengalahkan keterbatasan dan memilih sebagai pahlawan olahraga bagi Tanah Air," sambungnya.

Menpora juga mengapresiasi Komite Paralimpiade Nasional yang membina dan melatih para atlet para games di pusat pelatihan di Solo, Jawa Tengah, bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga. "Pemusatan pelatihan atlet-atlet para games di Solo itu memudahkan pengaturan logistik berupa akomodasi dan kebutuhan atlet sehingga persoalan bisa diatasi," terang Imam.

Menpora juga berkomitmen untuk memberikan bonus kepada para atlet peraih medali ASEAN Para Games 2017 sebagai bentuk perhatian pemerintah sekaligus amanat Presiden Joko Widodo. "Insya Allah saya akan menyambut para pahlawan olahraga kita," ungkapnya.

Tokopedia