MOTO GP 2017 : Rossi Jatuh! Dovizioso Juara GP Jepang Usai Duel Ketat dengan Marquez

15 Oktober 2017 12:55 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Moto GP 2017 menyajikan seri di Jepang.

Solopos.com, MOTEGI – Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, berhasil menjadi juara Moto GP Jepang 2017. Dia berhasil mengungguli pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, setelah bersaing ketat pada putaran-putaran akhir.

Hujan deras mewarnai balapan di Sirkuit Motegi, Minggu (15/10/2017) siang WIB. Marc Marquez yang start dari posisi ketiga langsung tancap gas dan mengambil alih posisi pertama dari Johann Zarco. Sementara Zarco turun ke posisi ketiga di belakang Jorge Lorenzo.

Di awal balapan ini, persaigan terlihat ketat. Bahkan pada tikungan keenam putaran pertama, pimpinan balapan sudah berganti ke Lorenzo. Sedangkan sebelu putaran pertama habis, pimpinan lomba diambil alih Danilo Petrucci.

Di sisi lain, duo Yamaha yakni Maverick Vinales dan Valentino Rossi justru terdampar di posisi kesembilan dan kesepuluh. Bahkan Rossi harus mengakhiri lomba lebih cepat setelah terjatuh di putaran keenam. Padahal, dia sempat merangkak naik ke posisi kedelapan.

Performa Lorenzo juga turut menurun. Setelah bersaing di depan, pembalap Ducati itu justru terdampar di posisi kesembilan di belakang Vinales saat balapan memasuki putaran kedelapan. Dia berada di depan Dani Pedrosa yang berada di posisi ke-10.

Di putaran ke delapan ini, Petrucci masih memimpin balapan. Dia unggul 0,746 detik dari Marquez di posisi kedua. Sementara Andrea Dovizioso menguntit di posisi ketiga dengan jarak 1,722 detik dari Petrucci.

Memasuki putaran ke-12, persaingan juara GP Jepang 2017 seakan cuma dikuasai tiga pembalap di atas yakni Petrucci, Marquez, da Dovizioso. Pasalnya, Zarco yang berada diposisi keempat terpaut jauh dari ketiganya. Jaraknya mencapai 7,6 detik. Zarco terus dipepet oleh duo Suzuki Alex Rins dan Andrea Iannone di belakangnya.

Tak lama berselang, posisi pertama berganti ke Marquez. Dia bisa menyalip Petrucci. Petrucci yang membela Octo Pramac bahkan harus rela turun ke posisi ketiga setelah disalip Dovizioso.

Saat balapan menyisakan enam putaran lagi, Dovizioso mampu menyalip Marquez untuk memimpin balapan. Sementara Petrucci semakin tertinggal dari keduanya. Bahkan jarak Petrucci dengan pimpinan lomba mencapai 3,9 detik.

Dovizioso pada akhirnya berhasil memenangi balapan setelah di lap-lap akhir bertarung ketat dengan Marquez. Keduanya saling balap sejak tiga putaran terakhir. Sementara melengkapi podium, ada Petrucci yang berhasil finis di posisi ketiga.