LIGA BASKET MAHASISWA : Tim UNS Bidik 4 Besar Nasional

Tim basket putra Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengangkat trofi juara dalam Liga Mahasiswa tingkat Jawa Tengah-DIY yang digelar di GOR UII, Kaliurang, Jogja, Minggu (15 - 10). (Istimewa)
18 Oktober 2017 00:00 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

Liga Basket Mahasiswa diikuti oleh tim UNS.

Solopos.com, SOLO — Tim basket putra Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menargetkan lolos ke babak semifinal Liga Mahasiswa (Lima) tingkat nasional di Jakarta, 8-12 November 2017. UNS pede menembus empat besar nasional seusai menjadi yang terbaik di Lima tingkat Jawa Tengah-DIY yang digelar di Yogyakarta, 10-15 Oktober 2017.

Di turnamen tersebut, UNS merebut empat kemenangan dengan hanya sekali menelan kekalahan untuk bertengger di posisi satu klasemen akhir. Kemenangan Samuel Devin dkk. diraih dari tim Universitas Islam Indonesia Jogja (61-42), Universitas Gadjah Mada (70-63), Universitas Dian Nuswantoro (65-50) dan Universitas Diponegoro (44-38).

Satu-satunya kekalahan UNS datang dari tim kuat Universitas Atmajaya Jogja (60-66). Untung saja Atmajaya kalah di dua pertandingan lain melawan UGM dan Undip sehingga UNS yang keluar sebagai juara turnamen. Pelatih tim basket UNS, Yullius Dobby, mengapresiasi anak asuhnya yang mampu memenuhi target juara meski banyak diisi muka baru.

“Hampir 40% roster kami adalah mahasiswa baru. Bersyukur bisa juara meski sempat kalah sekali,” ujar Dobby saat dihubungi Solopos.com, Selasa (17/10/2017).

Dobby tak berniat mengutak-atik susunan pemainnya  untuk bertarung di Lima tingkat nasional. UNS masih mengandalkan pilar seperti Samuel Devin (small forward), Leonardo Effendi (center) dan L. Faturrohman (shooting guard) untuk mengganggu dominasi tim kuat macam Universitas Pelita Harapan (UPH).

Sang pelatih mengatakan ajang tingkat nasional menjadi tantangan tersendiri karena sejauh ini prestasi UNS mentok di babak delapan besar (tahun 2014). “Harapannya sih tahun ini bisa tembus semifinal,” ucap Dobby.

Untuk memenuhi target itu, Dobby bakal menggembleng intensif timnya selama tiga pekan dengan sejumlah porsi latihan. Beberapa turnamen juga akan diikuti untuk menambah jam terbang pemain. “Tim akan ikut Piala Rektor UMS 27 Oktober untuk pemantapan jelang babak nasional,” ujarnya.

Di sisi lain, tim putri UNS harus puas sebagai runner up Lima Jateng-DIY meski hanya sekali kalah dari lima pertandingan. Tim Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kali ini lebih digdaya dengan menyapu bersih lima laga dengan kemenangan, termasuk keunggulan telak 75-38 dalam laga krusial melawan UNS.