Kejuaraan Catur Siswa SD & SMP Digelar di Solo

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja - Dok)
28 Oktober 2017 05:25 WIB Moh Khodiq Duhri Sport Share :

Kejuaraan catur bakal digelar di Solo

Solopos.com, SOLO – Setelah vakum selama tujuh tahun, Kejuaraan Catur Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) Open kembali digelar pada Minggu (5/2/2017) mendatang. Kejuaraan catur yang bakal digelar di Gedung Pertemuan PMS ini memperebutkan total hadiah senilai Rp10 juta.

Sekretaris PMS sekaligus penanggung jawab kegiatan, Darmawan Saputra, mengatakan kejuaraan catur ini bertujuan untuk pembibitan dan pembinaan pecatur muda. Oleh karena itu, di kalangan pelajar, hanya anak SD dan SMP yang boleh mendaftar kejuaraan ini. Meski begitu, panitia membuka kejuaraan catur untuk kategori umum.

"Untuk sementara ini jumlah peserta yang sudah mendaftarkan diri mencapai sekitar 30 orang. Pendaftaran akan ditutup pada 4 November 2017. Kami menarget jumlah peserta mencapai 200 orang dengan rincian 100 peserta dari kalangan pelajar dan 100 peserta dari kalangan umum," papar Darmawan dalam jumpa pers di Kantor PMS, Jumat (27/10/2017).

Kejuaraan catur ini memperebutkan piala dan tabungan dari BPR Insani Group untuk usia SD dan SMP. Sementara juara dari kategori umum akan mendapat tropi dan uang pembinaan.

Salah satu pelatih catur, Suyoto, mengatakan Kejuaraan Catur PMS Open kali pertama digelar pada 1999. Kejuaraan catur ini sudah digelar selama 11 tahun hingga 2010. Selama 11 tahun itu, PMS menggelar kejuaraan catur untuk empat kategori yakni SD, SMP, umum dan master.

"Pada tahun ini kami tidak membuka kategori master karena ini adalah kejuaraan pertama yang digelar setelah vakum tujuh tahun. Tapi, kejuaraan ini terbuka untuk master maupun nonmaster. Mereka bisa ikut di kategori umum," jelas Suyoto.

Suyoto menjelaskan PMS sudah mengorbitkan Edi Handoko yang pernah menjadi grandmaster catur. Akan tetapi, Edi Handoko sudah meninggal dunia. "Setelah Edi meninggal dunia, sudah tidak ada lagi pecatur di PMS yang mampu menyamai prestasinya," papad Suyoto.