Buat Mobil Hypercar, McLaren Beri Penghormatan untuk Sang Legenda

McLaren Senna (Thedrive.com)
11 Desember 2017 17:25 WIB Ahmad Baihaqi Sport Share :

McLaren membuat mobil hypercar anyar.

Solopos.com, SOLO – Penikmat Formula 1 (F1) tentu tak asing dengan nama Ayrton Senna. Pembalap yang meninggal dunia pada 1 Mei 1994 ini adalah raja ajang balap jet darat di era 1990-an.

Tiga gelar juara dunia ditorehkannya bersama tim McLaren tahun 1988, 1990 dan 1991. Enggan jadi kacang lupa akan kulitnya, McLaren pun mendedikasikan sebuah mobil hypercar untuk mendiang sang pembalap.

Pabrikan asal Woking, Inggris, itu menamai proyek barunya McLaren Senna. McLaren Senna adalah anggota kasta teratas seri mobil Ultimate Series yang sebelumnya diisi oleh hypercar hybrid P1. Mobil dengan warna dominan merah itu difokuskan pada pengendaraan dalam trek meski dibolehkan dipakai di jalan raya.

Kerabat Ayrton Senna, Bruno Senna, mengatakan keluarga sangat bangga dengan persembahan dari McLaren. “McLaren Senna adalah penghormatan pada paman saya atas performa yang didedikasikan selama di sirkuit. Ini merupakan proyek pertama yang hadir dengan semangat Ayrton Senna,” ujarnya dilansir Motorsport, Minggu (10/12).

Berbeda dengan P1, McLaren Senna menggunakan powertrain konvensional dengan mesin 4 liter V8 twin-turbo berkode M840TR. Ini merupakan mesin paling bertenaga yang pernah diproduksi McLaren. Sasis Monocage III yang terbuat sepenuhnya dari karbon menghadirkan mobil dengan bobot super ringan, di angka 1.198 kilogram. Paduan sasis ringan dan mesin pun memberikan rasio-tenaga-bobot sebesar 668 PS per ton.

Seluruh aspek eksterior Senna dirancang sepenuhnya guna memaksimalkan performa aerodinamika. Termasuk kehadiran wing besar yang menjadi ciri khas mobil balap GT. Sayangnya, McLaren Senna hanya diproduksi sebanyak 500 unit dengan harga 750.000 pound (Rp13,5 miliar).

“McLaren Senna adalah mobil tanpa saingan. Personifikasi DNA balap McLaren berupa mobil legal yang dipakai di jalan raya, tapi dirancang dan dikembangkan untuk menjadi terbaik di sirkuit,” sebut Mike Flewitt, CEO McLaren Automotive.

Tokopedia