F1 2018: Daniil Kvyat Bergabung ke Ferrari

11 Januari 2018 16:15 WIB Farida Trisnaningtyas Sport Share :

Daniil Kvyat bergabung ke Ferrari sebagai development driver.

Solopos.com, MARANELLO—Mantan pembalap Formula 1, Daniil Kvyat, kembali ke adu balap mobil terbaik di dunia setelah digaet Ferrari sebagai development driver  atau pembalap tes untuk musim 2018.

Pengumuman ini keluar selang tiga bulan setelah pembalap asal Rusia itu didepak dari Toro Rosso di akhr musim 2017. Selain itu, keputusan ini sekaligus menggugurkan spekulasi kepindahan Kvyat ke Williams.

Dilansir Autosport, Kamis (11/1/2018), sepanjang kariernya di F1, pembalap berusia 23 tahun ini berhasil menyabet dua kali podium dan mengumpulkan 133 poin dari 72 kali balapan. Sayang, penampilannya memburuk pada 2017 sehingga hanya mampu finis di urutan ke-19 dengan lima poin.

Sebenarnya nama Kvyat santer dihubungkan dengan Williams. Bahkan, kedua pihak telah berdiskusi panjang termasuk kemungkinan Kvyat diberi jatah satu kursi untuk membalap di F1 musim ini. Sayang, saat rumor ini masih hangat terdengar, Williams kabarnya justru memutuskan mengontrak kompatriotnya, Sergey Sirotkin yang siap diduetkan dengan Lance Stroll. Keputusan ini akan diumumkan pekan depan.

“Waktunya untuk kabar baik #kvyatofficial #scuderiaferrari #f1 #ferrari,” tulis Kvyat dalam Twitter yang diunggah, Rabu (10/1/2018).

Kvyat debut sebagai pembalap F1 pada musim 2014 lalu bersama Toro Rosso. Ia kemudian dipromosikan ke Red Bull untuk menjadi suksesor Sebastian Vettel yang hengkang ke Ferrari. Namun demikian, selama 1,5 musim bersama tim Banteng Merah itu Kvyat kembali ditarik ke Toro Rosso hingga akhir musim 2017.