AUSTRALIAN OPEN 2018 : Venus Tersingkir Lebih cepat

16 Januari 2018 01:00 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Australian Open 2018 diwarnai dengan Venjus Williams yang tersingkir.

Solopos.com, MELBOURNE — Finalis Australian Open musim lalu, Venus Williams, harus tersingkir dini dari turnamen setelah ditumbangkan Belinda Bencic di babak pertama, Senin (15/1/2018). Petenis senior yang juga kakak Serena Williams itu kalah dua set langsung, 3-6, 5-7 di Rod Laver Arena.

Kekalahan ini membuat eksistensi Williams Bersaudara di Australian Open 2018 tamat. Sebelumnya Serena yang tahun lalu menjuarai turnamen menyatakan absen karena kondisi kurang fit. Tersingkirnya Venus di babak awal Australian Open 2018 pun dikait-kaitkan dengan statistiknya di US Open tahun lalu.

Saat itu Venus menembus empat besar di Flushing Meadows sebelum dikalahkan Sloane Stephens. Entah kebetulan atau tidak, tiga dari empat semifinalis US Open 2017 gagal melewati babak pertama Australian Open 2018.

Stephens menyerah dua set langsung atas petenis Tiongkok, Zhang Shuai. Ada pun Coco Vandeweghe yang juga semifinalis US Open 2017 dipermalukan Timea Babos di babak pertama. Namun kekalahan paling menyesakkan tetap berada di Venus karena dia harus angkat koper setelah ditekuk Bencic yang notabene petenis nomor 78 dunia. Sebelumnya, Bencic selalu kalah dalam empat pertemuan dan tak pernah merebut satu set pun dari Venus.

“Saya pikir sebelumnya saya terlalu respek [pada Venus] dan menjadi terlalu hati-hati. Sekarang saya benar-benar mencoba dan akhirnya mendapat kemenangan besar,” ujar Bencic yang masih berusia balita saat Venus memenangi gelar grand slam pertamanya, Wimbledon 2000, dilansir Reuters, Senin.

Kemenangan ini menjadi salah satu bagian comeback menawan Bencic setelah bergelut dengan cedera pergelangan tangan. Cedera tersebut sempat membuat petenis Swiss itu terlempar dari 300 besar sebelum dia kembali bertanding September 2017.  Sementara itu Venus yang menjadi unggulan kelima turnamen tak memberi banyak komentar dalam jumpa pers seusai pertandingan.

Dia tampak terburu-buru meninggalkan sesi tersebut. “Saya tidak berpikir sedang bermain buruk. Dia [Bencic] hanya bermain lebih baik, dia layak mendapat kredit,” ujarnya.

Hujan sempat turun dan membuat laga terhenti selama setengah jam saat kedudukan 4-3 untuk Bencic di babak pertama. Setelah laga dilanjutkan, Venus gagal memaksimalkan empat kesempatan break point di game kedelapan. Bencic pun menutup babak pertama dengan kemenangan 6-3.

Di set kedua, Bencic dan Venus saling mematahkan servis satu sama lain di empat game pertama. Kedua petenis terus berimbang sampai akhirnya Bencic mematahkan servis Venus di game ke-12 untuk menyegel kemenangan. Di babak kedua, Bencic akan menghadapi Luksika Kumkhum yang menyingkirkan Johanna Larsson 6-3, 7-5.

Tokopedia