MOTO GP 2018 : Ducati Launching Motor

16 Januari 2018 06:10 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Moto GP 2018 diwarnai dengan Ducati yang telah merilis motor baru.

Solopos.com, BORGO PANIGALE — Ducati menjadi pabrikan pertama yang meluncurkan motor anyarnya dalam Moto GP 2018. Launching yang digelar di Ducati Auditorium, Borgo Panigale, Italia, Senin (15/1/2018), itu memancarkan optimisme Ducati untuk meraih hasil lebih baik musim ini.

Jika dilihat sekilas, jagoan terbaru Ducati, Desmosedici GP18, tak terlalu berbeda dibanding Desmosedici GP17, dari segi tampilan. Merah dan putih masih menjadi warna dominan di bodi motor. Hanya ada tambahan nuansa abu-abu pada livery motor yang mengingatkan pada mobil balap Audi.

Pembalap tes, Casey Stoner dan Michele Pirro, bakal mendapat kesempatan pertama mencicipi motor baru dalam tes privat, 24-26 Januari 2018. Ada pun duo Ducati musim ini, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso, akan menjajal motor dalam tes pramusim 28-30 Januari 2018.

General Manager Ducati Corse, Gigi Dall’Igna, meyakini pengembangan sasis masih menjadi isu dalam Desmosedici GP18. “Motor sangat kuat dan meraih banyak poin musim lalu. Namun ketika di tikungan, kami tampak sedikit bekerja keras,” ujar Dall’Igna seperti dilansir Crash, Senin.

Pihaknya mengatakan musim lalu tim sempat kesulitan di Phillip Island dan Valencia yang memiliki banyak variasi belokan. Menurut Dall’Igna, kemampuan melahap tikungan harus menjadi perhatian tersendiri dalam tes pramusim. “Saya pikir problem utama [dalam menghadapi belokan] adalah sasis,” kata dia.

Meski demikian pihaknya bakal sangat berhati-hati dalam memodifikasi sasis. Dall’Igna tak ingin pengembangan motor terbaru justru mengurangi kekuatan Ducati, salah satunya kecepatan di trek lurus. “Ini adalah pertanyaan besar, bagaimana menyelesaikan problem itu [melahap tikungan] tanpa merusak kekuatan utama motor. Kami sudah punya ide,” kata dia.

Dalam launching Desmosedici GP18, CEO Ducati, Claudio Domenicali, sempat melontarkan pujian pdaa Dovizioso yang berhasil mencetak enam kemenangan musim lalu. Dovi juga mampu menjadi pesaing utama Marc Marquez di perburuan juara Moto GP 2017.