AUSTRALIAN OPEN 2018 : Comeback Impresif Sharapova & Djokovic

17 Januari 2018 00:00 WIB Hanifah Kusumastuti Sport Share :

Australian Open 2018 diwarnai dengan kemenangan Maria Sharapova dan Novak Djokovic.

Solopos.com, MELBOURNE — Maria Sharapova menandai comeback ke Australian Open 2018 lumayan mulus. Petenis Rusia tersebut menumbangkan petenis Jerman, Tatjana Maria, dengan skor 6-1, 6-4 di Margaret Court Arena, Selasa (16/1/2018).

Duel melawan sesama pemilik nama Maria ini merupakan penampilan pertama Sharapova di Melbourne Park, lokasi Australian Open 2018, sejak terbebas dari sanksi doping selama 15 bulan pada akhir 2016 hingga awal 2017. Peraih lima gelar grand slam tersebut mengaku sangat bahagia bisa kembali menginjakkan kaki di Australian Open.

“Musim lalu banyak yang terkuras, secara fisik, emosi, dan mental. Sekarang banyak hal dimulai kembali,  dan rasanyabeda. Ini rutinitas yang menyenangkan, saya sangat bahagia bisa kembali ke sini,” jelas Sharapova, seperti dilansir Bbc.com.

Di babak kedua, Sharapova akan bertemu unggulan ke-14, Anastasija Sevastova. Petenis Latvia tersebut pernah mengalahkan Sharapova di babak 16 besar US Open 2017, September lalu. “Saya tahu akan ada lawan yang lebih berat. Ini sebuah tantangan, namun beginilah grand slam,” lanjut dia.

Sementara itu, Novak Djokovic menandai comeback ke ajang grand slam juga dengan mulus setelah cedera panjang. Djokovic menjungkalkan petenis Amerika Serikat, Donald Young, secara straight set 6-1, 6-2, 6-4.

Dengan mengenakan pelindung lengan, Djokovic tampak tidak bermasalah dengan cedera siku yang sempat merecokinya pada 2017. Djokovic melepaskan 33 pukulan winners dalam laga yang berjalan dalam tempo satu jam 51 menit di Margaret Court Arena tersebut.

Juara Australian Open enam kali itu langsung berlutut setelah memenangi laga kompetitif pertamanya sejak menderita di perempat final Wimbledon, Juli 2017 lalu. "Rasanya sangat hebat bisa kembali ke lapangan dan berkompetisi lagi," jelas Djokovic, dilansir Reuters.

Sementara itu, juara bertahan tunggal putra Roger Federer  belum teradang. Maestro tenis asal Swiss itu mengeliminasi Aljaz Bedene asal Slovenia 6-3-, 6-4, 6-3 di Rod Laver Arena, Selasa. Petenis berusia 36 tahun tersebut akan berjumpa petenis Jerman, Jan Lennard Struff, di babak kedua.

Setali tiga uang, petenis nomor satu dunia di sektor tunggal putri, Simona Halep, melaju ke babak kedua. Namun Halep dipaksa bekerja keras menyingkirkan lawannya yang masih berusia 17 tahun, Destanee Aiava, di babak pertama. Petenis asal Rumania tersebut sempat direcoki cedera engkel dan terancam terdepak secara prematur dari Australian Open untuk mengalahkan Aiava 7-6(5), 6-1.