PORPROV JATENG : Basket 3X3 Jadi Incaran Solo Mendulang Medali

19 Januari 2018 01:00 WIB Moh Khodiq Duhri Sport Share :

Porprov Jateng 2018 memainkan cabang olahraga basket 3x3.

Solopos.com, SOLO — Porprov Jateng 2018 akan mempertandingkan nomor basket 3x3. Ini adalah kali pertama basket 3x3 dipertandingkan di pesta olahraga empat tahunan di Jateng itu.

Solo sudah membentuk tim basket 3x3 yang terdiri atas empat pemain. Tim basket 3x3 itu sudah rutin menjalani latihan tiga kali dalam sepekan di kompleks SMA Regina Pacis Solo. “Untuk sementara tim 3x3 masih bergabung dengan tim 5x5. Dari empat pemain itu, satu di antaranya cadangan," terang pelatih basket 3x3 putra Solo, Bayu Priamboro, kala berbincang dengan Solopos.com di Solo, Kamis (18/1/2018).

"Kami belum mendaftarkan mereka ke Pengprov [Perbasi] Jateng. Tapi, skuatnya 90% tidak berubah. Kemungkinan untuk berubah sangat kecil,” sambungnya.

Sebagai tuan rumah, Bayu tentu membidik juara di nomor basket 3x3 ini. Namun, dia patut mewaspadai wakil Kota Semarang yang selama ini selalu tampil dominan di setiap kejuaraan basket di tingkat Jateng. “Semarang tetap jadi unggulan. Tapi, masih ada waktu yang panjang untuk mengasah keterampilan pemain kami,” ucapnya.

Kepastian akan adanya nomor basket 3x3 disampaikan Pengprov Perbasi Jateng pada saat berlangsungnya kejuaraan basket Pra Porprov 2018 beberapa bulan lalu. “Setelah Pra Porprov itu, kami menindaklajuti dengan membentuk tim 3x3 itu. Kebetulan saya yang ditunjuk sebagai pelatihnya,” papar Bayu.

Porprov 2018 akan mempertandingkan empat nomor basket yakni 5x5 putra, 5x5 putri, 3x3 putra dan 3x3 putri. Pada Porprov 2013 di Banyumas, Solo hanya mampu mendulang satu medali perak dari dua nomor yang dipertandingkan.

“Tim basket Solo sudah intensif latihan. Kami juga beberapa kali menggelar laga uji coba. Terakhir, kami melawan tim basket UNS pertengahan Desember lalu. Kami memberlakukan sistem seleksi pemain dengan ketat. Kita memberlakukan promosi dan degradasi supaya para pemain tetap serius berlatih,” papar pengurus Pengkot Perbasi Solo, Icuk Kurniawan.