AUSTRALIAN OPEN 2018 : Saat Federer Berdebat dengan Wasit

25 Januari 2018 05:25 WIB Sport Share :

Australian Open 2018 diwarnai dengan kemenangan Roger Federer.

Solopos.com, MELBOURNE — Roger Federer berhasil meredam perlawanan sengit, Tomas Berdych, untuk lolos ke semifinal Australian Open 2018. Petenis berjuluk Maestro tersebut bakal menantang petenis kuda hitam asal Korsel, Chung Hyeon, pada babak empat besar.

Federer tak pernah menelan kekalahan di hadapan Berdych. Namun, Federer benar-benar sempat dibuat kesulitan ketika bertemu petenis Rep. Cheska tersebut pada duel perempatfinal Australian Open 2018 di Rod Laver, Arena, Melbourne Park, Rabu (24/1/2018) malam WIB kemarin.

Perlawanan sengit Berdych terjadi sejak set pembuka. Federer yang biasanya kalem dipaksa berdebat dengan wasit pertandingan. Saat itu, Federer dalam kedudukan tertinggal 3-5 di set pertama.

Federer pun memprotes wasit Fergus Murphy yang menilai bola hasil servis keras Berdych masuk lapangan. Dalam situasi itu, teknologi mata elang [Hawk Eyes] justru tidak cukup menunjukkan apakah bola tersebut masuk dan keluar garis lapangan.

Awalnya, Federer menerima keputusan  Murphy. Namun, dia sempat kehilangan kesabaran mendebat sang wasit. “Apakah kamu nyaman dengan ini? Anda tidak bisa mencuri tantanganku. Anda oke-oke saja dengan ini?,” ujarnya kesal.

Federer pun nyaris tumbang di set pembuka tersebut. Sampai akhirnya ia bangkit dan memenanginya lewat tie break. "Saya ke sana ke mari, hanya punya sedikit keberuntungan, sedikit marah, frustrasi, mungkin soal wasit, tapi saya pikir itu bagus. Saya hanya frustrasi dan sedikit gelisah, saya senang bisa lolos dari set pertama. Saya menuntaskan laga kunci. Tomas [Berdych] memang hebat,” jelas Federer, seperti dilansir Reuters.

Pada set kedua dan ketiga, Federer sudah kembali ke kitahnya. Permainannya cukup dominan. Di set ketiga, Federer juga dengan tenang mengatasi Berdych yang kembali agresif. Federer mengklaim kemenangan dengan skor straight set 7-6(1), 6-3, 6-4.

Inilah kali ke-11 bagi Federer lolos ke semifinal grand slam tanpa menelan kekalahan satu set pun.  Petenis berusia 36 tahun tersebut semakin mendekati titel grand slam ke-20 dalam kariernya. Federer akan bertemu Chung Hyeon pada semifinal, Jumat (26/1/2018).

Kejutan yang dibuat Chung di Melbourne Park memang belum berakhir. Petenis berkacamata ini menundukkan Tennys Sandgren dari Amerika Serikat dengan skor 6-4, 7-6(5), 6-3 pada perempatfinal, Rabu. Sebelumnya, petenis berusia 21 tahun itu mampu memaksa juara enam kali Australian Open, Novak Djokovic, angkat koper dari Melbourne.

Sementara di bagian tunggal putri, Simona Halep memastikan terkualifikasi ke semifinal seusai menundukkan Karolina Pliskova dengan skor 6-3, 6-2. Angelique Kerber juga menang mudah untuk meraih tiket ke babak empat besar dengan menyingkirkan Madison Keys straight set 6-1, 6-2.