AUSTRALIAN OPEN 2018 : Federer Tanpa Cela Menuju Gelar Keenam

27 Januari 2018 00:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Australian Open 2018 diwarnai dengan Roger Federer yang melangkah ke babak final.

Solopos.com, MELBOURNE — Roger Federer melangkah mantap ke final Australian Open 2018 setelah mengandaskan petenis kejutan asal Korea Selatan (Korsel), Chung Hyeon, dalam babak semifinal di Rod Laver Arena, Jumat (26/1/2018). Federer bakal menjalani final grand slam ke-30-nya sepanjang karier setelah Chung mundur di set kedua karena cedera dalam posisi tertinggal 1-6, 2-5.

Federer sudah ditunggu petenis Kroasia, Marin Cilic, di babak final yang berlangsung Minggu (28/1/2018). Jika mampu mengatasi Cilic, Federer bakal meraih gelar keenam di Australian Open sekaligus gelar ke-20 grand slam sepanjang karier.

Petenis Swiss ini diunggulkan mempertahankan titel di Melbourne menyusul performa ciamiknya sepanjang turnamen. Federer menjadi satu-satunya petenis yang belum kehilangan satu set pun di Australian Open 2018.

“Tentu saya gembira bisa ke final, tapi tidak seperti ini. Dia [Chung] memainkan turnamen yang sangat indah, kredit baginya yang telah berjuang sangat keras lagi,” ujar Federer seperti dilansir News.com.au, Jumat.

Chung memang sukses membuat sensasi dengan menjadi petenis Korsel pertama yang mampu menembus semifinal grand slam. Petenis 21 tahun itu mengalahkan pemain seperti Novak Djokovic, Alexander Zverev hingga petenis kejutan asal Amerika Serikat, Tennys Sandgren, untuk menembus empat besar. Sayang mimpinya menembus final Australian Open 2018 terhenti setelah kakinya melepuh di set kedua.

Meski sempat mendapat perawatan, Chung memutuskan lempar handuk karena lecet di kakinya cukup parah. “Saya pikir set pertama berjalan normal. Di set kedua, saya merasa dia melambat. Dia mengalami problem lecet, itu sangat menyakitkan dan membuat semuanya berjalan buruk,” tutur Federer.

Disinggung peluangnya mengalahkan Cilic, Federer menyebut hal itu tak akan mudah. Dia melihat Cilic punya kekuatan luar biasa untuk mengganjalnya meraih titel keenam di Melbourne. Di semifinal, Cilic menang tiga set langsung atas petenis muda Inggris, Kyle Edmund, 6-2, 7-6, 6-2, Kamis (25/1/2018).

Dia juga sukses mengandaskan petenis nomor satu dunia, Rafael Nadal di perempat final. Cilic punya keuntungan karena memiliki waktu istirahat sehari lebih banyak dibanding Federer. “Kita akan melihat Marin yang lebih fresh,” ujar Federer.