BALAP SEPEDA: Inilah Rute Tour de Lawu 2018

27 Januari 2018 13:00 WIB Moh Khodiq Duhri Sport Share :

 Lomba balap sepeda Tour de Lawu mengambil start di Palur dan finis di Cemoro Kandang, Tawangmangu.

Solopos.com, KARANGANYAR—Pengkab Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI) Karanganyar bekerja sama dengan DPRD Karanganyar menggelar lomba balap sepeda Tour de Lawu pada 25 Februari 2018 mendatang. Kegiatan itu diselenggarakan untuk memeriahkan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-67 DPRD Karanganyar. (baca: http://solopos.com/?p=796497" target="_blank">Pengkot ISSI Solo Populerkan Balap Sepeda)

Lomba balap sepeda tingkat nasional ini kemungkinan bakal diikuti sejumlah atlet profesional. Lomba balap sepeda ini mengambil start di Palur dan finis di Cemoro Kandang, Tawangmangu.

“Medan cukup berat karena naik gunung dengan tikungan tajam dan menanjak. Jaraknya juga jauh, yakni 50 km. Tapi, bagi atlet nasional, ini jadi tantangan tersendiri,” kata Sekretaris DPRD Karanganyar, Jarno, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (26/1/2018).

Lomba balap sepeda Tour de Lawu ini digelar pada Minggu (25/2/2018) mulai pukul 07.00 WIB. Di sisi lain, rute yang dipilih melewati Waduk Lalung karena di pusat Kota Karanganyar sedang berlangsung car free day.

Balap sepeda itu akan dikawal petugas dari Satlantas Polres Karanganyar. Jarno memastikan tidak ada penutupan jalur sehingga lomba balap sepeda itu tidak akan mengganggu pengguna jalan.

“Polisi yang akan mengamankan rute. Tidak ada penutupan jalur karena jalannya sudah cukup lebar. Jadi, pengguna jalan masih bisa tetap melintas saat lomba berlangsung,” kata Jarno.

Panitia menarget jumlah pembalap yang ambil bagian di kejuaraan ini mencapai 200 orang. Saat ini, panitia masih gencar menyosialisasikan kegiatan itu melalui berbagai cara. Namun, Jarno belum bisa menyebutkan total hadiah yang diperebutkan dalam kejuaraan balap sepeda ini.