Indonesia Amankan Tiket Piala Thomas & Uber

10 Februari 2018 00:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Tim bulu tangkis Indonesia akan tampil di Piala Thomas dan Uber tahun ini.

Solopos.com, ALOR SETAR — Tim bulu tangkis putra dan putri Indonesia berhasil mengamankan tiket Piala Thomas dan Uber, Mei 2018. Hal itu lantaran kedua tim tersebut berhasil melaju ke babak semifinal Badminton Asia Team Championships (BATC) 2018.

Tim putri Indonesia lebih dulu memetik kemenangan di babak perempatfinal BATC 2018. Mereka menyingkirkan India dengan skor 3-1 di babak perempatfinal, Jumat (9/2/2018). Dalam laga delapan besar yang berlangsung di Stadion Sultan Abdul Hamid, Alor Setar, Indonesia sebenarnya tertinggal lebih dulu setelah Fitriani menyerah dari wakil India, Pusarla V. Sindhu, 13-21, 22-24.

Namun setelah laga tersebut, Indonesia mampu membalikkan keadaan menjadi 3-1 lewat kemenangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Hanna Ramadini dan Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani (hasil selengkapnya lihat tabel). “Kami patut bersyukur tim putri bisa melalui tantangan melawan India. Hasil ini sesuai dengan prediksi kami, semua berjalan sesuai rencana,” ujar Kepala Kontingen Indonesia, Achmad Budiharto, seperti dilansir badmintonindonesia.org, Jumat.

Achmad tak menampik kemenangan atas Tiongkok di fase grup membuat kepercayaan tim putri meningkat saat melawan India. Di babak semifinal, tim putri Indonesia bakal ditantang Jepang yang di babak delapan besar menaklukkan Taiwan 3-0. Indonesia sedikit diuntungkan karena Gregoria Mariska Tunjung dalam kondisi fit lantaran tak bermain saat melawan India.

Kesuksesan tim putri diikuti tim putra Indonesia yang membungkam Jepang dengan skor 3-0 di perempat final. Hasil itu turut membawa Indonesia ke babak final Piala Thomas 2018. Pasangan baru, Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo, menjadi salah satu penyumbang poin tim dengan kemenangan atas Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, 21-17, 21-15. Hasil itu membayar lunas kekalahan mereka atas pasangan India, Sarwiskairaj/Shetty, di fase grup, Kamis (8/2/2018).

Kevin menyebut duetnya dengan Ahsan cukup menguntungkan karena lawan tak bisa menebak arah permainan mereka. “Penampilan Kamura/Sonoda sebetulnya tidak beda jauh dengan pertemuan saya dan Marcus [Fernaldi Gideon]. Kami tahu permainan lawan tapi lawan tidak tahu permainan kami,” ucap Kevin.

Di babak semifinal, tim putra Indonesia bakal meladeni perlawanan Korea Selatan. Ji Hyun Sung dkk. dengan mudah melewati hadangan Malaysia (3-0) untuk memastikan satu tempat di semifinal.

Tokopedia