MOTO GP 2018 : Tim Marc VDS Andalkan 2 Pembalap Debutan

11 Februari 2018 23:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Moto GP 2018 diwarnai dengan tim Marc VDS yang akan mengandalkan dua pembalap baru.

Solopos.com, SEPANG — Tim Marc VDS mengambil langkah berani dengan menunjuk dua pembalap debutan, Thomas Luthi dan Franco Morbidelli di Moto GP 2018. Pemilihan Morbidelli mengundang pujian karena sang pembalap menjuarai Moto 2 musim lalu di usia yang relatif muda, 23 tahun. Sorotan justru tertuju pada Luthi yang baru menjajal balap motor kelas wahid pada usia 31 tahun.

Entah kebetulan atau tidak, faktor umur ternyata cukup mengganggu upaya Luthi untuk beradaptasi dengan motor Moto GP. Pembalap asal Swiss ini juga dinilai terlalu lama berada di Moto 2 sehingga kurang responsif dengan motor dengan tenaga lebih besar. Luthi sudah bertarung di Moto 2 sejak 2007 atau ketika usianya masih 20 tahun.

“Ini adalah dunia yang berbeda. Moto 2 adalah sekolah hebat, tapi saya sudah bertahun-tahun di sana. Mungkin butuh waktu sedikit lebih lama untuk beradaptasi,” ujar Luthi dilansir Autosport, Sabtu (10/2/2018).

Sang rider tak menampik perlu mengubah gaya membalap agar mampu menaklukkan RC213V yang disuplai mesin Honda. Dalam tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, 28-30 Januari 20185, Luthi hanya mampu menempati urutan ke-25 dalam rekapitulasi catatan waktu tes selama tiga hari. Namun ada perkembangan hasil tes dari hari ke hari. Dia mampu memperbaiki jarak dari 4,3 detik menjadi tinggal 2,3 detik dari rider tercepat.

Bos Marc VDS, Michael Bartolemy, menilai Luthi hanya butuh waktu tambahan untuk memoles kemampuannya. “Tom [Luthi] sedikit kecewa dengan hasil putaran, tapi kami melihat dia melakukan pekerjaan bagus. Jika dia bisa melakukan kemajuan yang sama di dua tes berikutnya, saya pikir dia akan lebih baik,” ucap Bartolemy.

Selain Luthi dan Morbidelli, Moto GP musim ini bakal dimeriahkan dua debutan lain yakni Xavier Simeon dan Takaaki Nakagami. Nakagami bisa menjadi kejutan bersama LCR Honda merujuk penampilannya musim lalu di Moto 2. Pembalap Jepang itu mencetak 137 poin dari 18 balapan. Total empat podium termasuk satu kemenangan berhasil diraihnya.