Lomba Lari 11 KM Solo Open UNS Siap Digelar, Hadiah Capai Rp120 Juta

13 Februari 2018 19:25 WIB Hanifah Kusumastuti Sport Share :

Solo Open UNS segera digelar.

Solopos.com, SOLO — Lomba lari 11 KM Solo Open UNS kembali digelar. Tahun ini, salah satu lomba lari tahunan terkemuka di Solo tersebut bakal digeber, 18 Maret 2018 mendatang.

Ini adalah kali ke-12 Markas Komando Resimen Mahasiswa (Mako Menwa) Batalyon 905 Jagal Abilawa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengadakan lomba lari 11 km. Solo Open 2018 semakin menarik dari tahun-tahun sebelumnya karena bakal mempertandingan delapan kategori. Terdapat tiga kategori baru dibandingkan tahun sebelumnya, yakni kategori internasional putra dan kategori internasional putri, serta kategori mahasiswa.

“Jika biasanya hanya ada ketegori umum [putra dan putri], kategori pelajar [putra dan putri], kategori TNI/Polri, dan kategori Menwa, tahun ini ada kategori internasional dan mahasiswa. Jadi peluang mahasiswa dan warga asing [WNA] untuk naik podium semakin terbuka. Sebelumnya mereka harus bersaing sengit di kategori umum ,” jelas Ketua Panitia Lari 11 KM Solo Open UNS 2018, Oktaverika Asrowifah, di sela-sela kunjungannya di Griya Solopos, Selasa (13/2/2018).

Persaingan sengit di kategori umum sepertinya kembali sulit dihindari. Sebab, sejumlah atlet profesional dari klub-klub lari bakal ambil bagian untuk kategori umum. “Tak hanya dari Solo dan sekitarnya, atlet dari klub-klub lari di berbagai daerah, termasuk Salatiga, bakal kembali ikut” lanjut Okta, sapaan Oktaverika.

Selain itu, penyelanggara juga akan menaikan total hadiah hingga 100 persen dibandingkan tahun lalu. Solo Open 2018 bakal memperebutkan hadiah total Rp120 juta. Jumlahj itu mengalami peningkatkan dua kali lipat dibandingkan sebelumnya yang berkisar Rp60 juta.

Antusiasme Solo Open memang cukup tinggi. Tahun lalu, lomba lari yang digelar dalam rangka Dies Natalies UNS sukses diikuti 1.600 peserta. Tahun ini, Solo Open pun diprediksi mampu menyedot 2.000 peserta.

“Bahkan ada peserta berusia 70 tahun yang selalu setia mengikuti 11 KM Solo Open UNS. Dan peserta tersebut selalu sukses menuntaskan sampai garis finis,” ungkap Pembina Menwa UNS, Bambang Dwi Wahyudi.

Start dan finis Solo Open 2018 berada di Boulevard UNS Solo. Dengan rute melewati Jl. Ki Hajar Dewantara, Jl. Kolonel Sutarto, Jl. Arifin, Jl. Sudirman, Jl. Kya Gede Solo, Jl. Kapten Mulyadi, Jl. RE Martadinata, Jl. Ir. Juanda, dan berakhir di Boulevard UNS.