MOTO GP 2018 : Tes Pramusim: Vinales Tampil Jeblok di Thailand

19 Februari 2018 00:00 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Moto GP 2018 diwarnai dengan performa buruk Maverick Vinales di tes pramusim.

Solopos.com, BURIRAM — Penampilan angin-anginan masih belum bisa lepas dari Maverick Vinales. Pembalap Movistar Yamaha ini gagal menorehkan performa impresif dalam mayoritas hari di tes pramusim di Sirkuit Buriram, Thailand, Jumat-Minggu (16-18/2/2018). Di hari terakhir tes, pembalap berjuluk Top Gun itu harus puas menempati posisi ke-12.

Dalam tes tersebut Vinales berjarak hampir satu detik dari pembalap tercepat, Dani Pedrosa, yang mencatatkan waktu 1 menit 29,781 detik. Catatan waktunya bahkan selisih hampir 0,8 detik dari pembalap satelit Yamaha, Johann Zarco, yang nangkring di posisi kedua. Performa jeblok ini cukup mengejutkan lantaran dalam tes hari kedua Vinales mampu berada di peringkat keempat dengan catatan waktu 1 menit 30,274 detik.

Performa jeblok di penutupan tes seperti mengulangi nasib buruk Vinales di hari pertama tes pramusim, Jumat. Saat itu Vinales juga gagal menembus 10 besar, tepatnya berada di posisi ke-11 dengan catatan waktu 1 menit 31,294 detik.

Vinales tak menampik hasil tes pramusim di Thailand adalah yang paling jeblok sejak dia bergabung ke Yamaha tahun 2017. “Bagi saya, ini tes terburuk. Bahkan di Malaysia, itu juga terburuk selama saya di Yamaha. Namun ini lebih buruk lagu,” cetus Vinales seperti dilansir Motorsport, Minggu.

Pada tes hari kedua, Sabtu, Vinales sempat memuji Yamaha yang dinilai sudah melakukan perbaikan piranti elektronik. Ban baru yang melengkapi motornya, YZR-M1, juga membuatnya kian optimistis menyambut tes hari terakhir. “Namun ketika saya naik ke atas motor, saya menemui kembali masalah yang sama seperti biasanya. Saya pikir kami punya solusinya, tapi ternyata tidak,” tukas rider 23 tahun itu.

Musim ini Vinales kembali menggunakan sasis keluaran 2016 dan mencoba bereksperimen dengan set up motor. Dia pesimistis problem di motornya bakal terselesaikan sebelum seri pembuka Moto GP, 18 Maret.

Di sisi lain, pembalap Tech 3 asal Malaysia, Hafizh Syahrin, terus memperbaiki catatan waktunya dalam tiga hari tes. Dalam tes terakhir Syahrin berhasil berada di peringkat 21 dengan catatan waktu 1 menit 31,537 detik. Dia sukses memangkas waktu lebih dari 1,5 detik dibanding catatannya di hari pertama.