FORMULA 1 2018 : Mobil Edisi Spesial Red Bull Tuai Pro-Kontra

20 Februari 2018 00:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Formula 1 2018 diwarnai dengan Red Bull yang meluncurkan mobil dengan corak spesial.

Solopos.com, MILTON KEYNES — Aston Martin Red Bull Racing memberi kejutan dengan meluncurkan tampilan mobil tahun 2018 yang cukup berbeda dibanding musim sebelumnya. Mobil anyar mereka, RB14, menggamit livery (corak) mosaik warna biru gelap yang dikombinasikan dengan warna hitam. Sementara logo tim dan sponsor menggunakan warna dasar putih.

Mobil kreasi terbaru Adrian Newey ini juga menampilkan perangkat pelindung kokpit (Halo) yang wajib dipakai mulai tahun ini. Namun corak warna anyar ini ternyata corak uji coba (testing livery) yang merupakan edisi spesial. Adapun livery utama yang akan tampil di balapan Formula 1 (F1) 2018 masih dirahasiakan dan baru diungkap ke publik pada tes pramusim di Barcelona, pekan depan.

Meski hanya livery uji coba, pro-kontra langsung mengiringi peluncuran RB14 yang dilakukan secara online pada Senin (19/2/2018). Sebagian penikmat F1 menyukai livery anyar dan berharap desain itu dipertahankan sebagai livery utama. Mereka menilai livery tersebut terlalu bagus untuk tidak digunakan untuk musim balapan 2018. “Terlihat luar biasa! Semoga livery untuk balapan besok bisa sebagus ini,” ujar pemilik akun GP Rush, mengomentari desain terbaru RB14 yang diunggah akun instagram F1 Jokes.

Pemilik akun Dominic Young Berg menilai Red Bull berusaha menyamarkan piranti Halo yang dianggap pecinta F1 merusak tampilan jet darat secara keseluruhan. Kombinasi hitam-biru gelap membuat Halo seperti tak eksis dalam mobil.

“Saya kecewa ini hanya livery uji coba. Padahal ini sangat bagus,” timpal akun Crash F1 44. Meski demikian ada pula yang tak tertarik dengan corak mobil edisi spesial itu. “Terima kasih Tuhan itu hanya livery uji coba,” ujar Jaffa. “Saya tidak suka kombinasi warnanya,” ujar Zocki. Ada pula yang mempertanyakan kenapa tak ada warna merah dan kuning yang menjadi ciri khas Red Bull.

Pernyataan resmi tim menyebutkan bahwa mereka tak ingin menunda peluncuran mobil sampai tes pramusim. Itulah yang membuat tim yang kini diperkuat mesin Renault itu mengeluarkan livery sementara.

“Lebih baik menyelesaikan mobil lebih awal dan menangani setiap halangannya sekarang, saat mobil berada di jalur yang tidak jauh dari pabrik, daripada menggunakan salah satu dari hari penting tes di Sirkuit Catalunya,” ungkap keterangan resmi Red Bull dilansir Motorsport.

Musim ini Red Bull masih diperkuat duo Daniel Ricciardo dan Max Verstappen.