INDIAN WELLS 2018 : Muguruza Dipermalukan Petenis Nomor 100 Dunia

11 Maret 2018 17:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Indian Wells 2018 diwarnai dengan kekalahan Garbine Muguruza.

Solopos.com, INDIAN WELLS — Nasib buruk menghampiri petenis Venezuela, Garbine Muguruza, di turnamen Indian Wells tahun ini. Petenis 24 tahun itu terhenti di babak kedua setelah ditekuk Sachia Vickery dengan skor 2-6, 7-5, 6-1 di Indian Wells Tennis Garden, California, Sabtu (10/3/2018). Kekalahan Muguruza amat mengejutkan karena sang lawan hanya berstatus petenis peringkat 100 dunia.

Petenis Amerika Serikat itu mengaku bekerja keras selama bertahun-tahun untuk mendapatkan momen seperti saat mengalahkan Muguruza. Sebelum laga, Muguruza yang notabene peringkat tiga dunia jelas amat diunggulkan ketimbang Vickery yang berada 97 undakan di bawahnya. Prestasi terbaik Vickery di grand slam sebelumnya bahkan hanya mencapai babak kedua. Itu diraihnya dalam US Open 2013 dan 2017.

“Saya selalu saja nyaris melewati hadangan seperti ini, tapi lagi-lagi gagal. Jadi ini adalah malam luar biasa dalam hidup saya,” ujar Vickery seperti dilansir Reuters, Sabtu.

Duel ini tampaknya akan dimenangi mudah oleh Muguruza ketika dia merebut set pertama dengan keunggulan 6-2. Bahkan di set kedua, Muguruza sempat unggul 3-0. Namun Vickery malah bangkit untuk merebut set kedua dengan kemenangan 7-5. Di set ketiga, Muguruza belum bisa lepas dari kejutan Vickery hingga akhirnya kalah mudah 1-6.

“Jujur saya bermimpi suatu waktu pelatihku bakal menelepon dan mengatakan, kamu baru saja mengalahkan Muguruza. Saya tidak berpikir bisa menang karena [peringkat saya] jauh di bawah,” kata Vickery yang di babak ketiga bakal bertemu petenis Jepang, Naomi Osaka.

Muguruza menyebut titik balik pertandingan terjadi saat Vickery meraih poin pertamanya di set kedua. Setelah skor berubah 3-1, masih untuk keunggulan Muguruza, pukulan Vickery semakin membaik dan membuat Muguruza kelimpungan. Kekalahan tersebut cukup mencoreng prestasinya di dunia tenis. Muguruza tak pernah kalah dengan petenis ranking 100 ke atas sejak dibekuk petenis nomor 124 dunia, Jana Cepelova, di Wimbledon.

“Saya berpikir ketika pemain minim pengalaman bertemu petenis top, mereka selalu lebih termotivasi. Itulah kunci kemenangannya hari ini,” ucap Muguruza dilansir Tennis. 

Tokopedia