FORMULA 1 2018 : Apik di Pramusim, Toro Rosso Langsung Sesumbar

12 Maret 2018 07:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Formula 1 2018 siap digeber.

Solopos.com, BARCELONA — Penampilan mengejutkan Toro Rosso sepanjang tes pramusim di Sirkuit Catalunya, Barcelona, membangkitkan optimisme tim jelang seri perdana Formula 1 (F1) di GP Australia, 25 Maret 2018. Pabrikan yang bermarkas Faenza, Italia, itu sesumbar bakal langsung meraih poin di Sirkuit Albert Park, Melbourne.

Kekhawatiran performa Toro Rosso bakal anjlok setelah menggandeng mesin Honda musim ini agaknya tak terbukti. Di tes pramusim di Barcelona, 6-9 Maret 2018, driver Toro Rosso, Pierre Gasly, mampu menjadi pembalap tercepat ketujuh dalam keseluruhan hasil tes. Pembalap muda asal Prancis ini mencatat waktu terbaik 1 menit 18,363 detik pada hari ketiga tes. Torehan Gasly lebih baik dibanding juara bertahan Lewis Hamilton yang berada di posisi delapan dengan catatan waktu 1 menit 18,400.

Capaian rekan Gasly, Brendon Hartley, juga lumayan baik. Pembalap Selandia Baru itu nangkring di peringkat ke-13 dalam tes pramusim Barcelona. Catatan waktu terbaiknya 1 menit 18,949 detik yang didapat dari sesi terakhir tes. Hartley mengatakan perkembangan mobil sangat menggembirakan.

Dia bahkan sesumbar kekuatan timnya jauh lebih baik dibanding tahun lalu. “Banyak perubahan untuk mendukung perjalanan tim dalam semusim. Kami tahu persaingan di Melbourne bakal sengit, tapi kami akan berjuang untuk mendapat poin,” ujar Hartley seperti dilansir Motorsport, Minggu (11/3/2018).

Musim ini Toro Rosso diperkirakan tetap bakal bersaing ketat dengan tim seperti Haas, Renault dan McLaren. Jika mereka mampu mempertahankan performa dalam tes pramusim, tak menutup kemungkinan tim dapat menggoyang Williams di lima besar. Hartley sendiri yakin mesin Honda bakal memberi dampak  positif bagi Toro Rosso.

“Saya melihat kerja keras mereka, jadi saya punya ekspektasi yang tinggi di tim ini,” kata Hartley. Bos Honda F1, Toyoharu Tanabe, menilai duet Gasly-Hartley mampu menyelesaikan program simulasi balapan dengan positif. 07