MOTO GP 2018 : Para Pembalap Berburu Start Bagus

18 Maret 2018 15:55 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Moto GP 2018 siap digeber.

Solopos.com, DOHA — Genderang perang Moto GP 2018 mulai ditabuh dalam seri perdana GP Qatar di Sirkuit Losail, Minggu (18/3/2018) malam WIB. Juara bertahan musim lalu, Marc Marquez, masih menjadi unggulan pertama untuk mencuri start impresif di Qatar.

Namun penampilan melawan Andrea Dovizioso dalam sejumlah latihan bebas mengisyaratkan kedua pembalap itu bakal kembali bertarung alot di sirkuit. Dovi dengan motor Desmosedici-nya sukses menguasai latihan bebas pertama dan kedua. Dalam sesi latihan bebas ketiga, Sabtu (17/3/2018), performa Dovizioso sedikit menurun dengan hanya nangkring di peringkat tujuh.

Namun secara keseluruhan (latihan bebas I hingga III) waktu Dovi lebih baik dibanding pembalap lain. Bekal ini tentu cukup menjanjikan bagi Dovi untuk memperbaiki hasil di GP Qatar tahun lalu. Pada musim 2017, pembalap Italia itu hanya berjarak 0,461 detik dari Maverick Vinales sebagai pemenang lomba.

Dovizioso mengaku puas dengan laju motornya di Losail sejauh ini. Kini fokusnya tinggal mengatur agar ban tak terkuras terlalu cepat. Menurut dia, tingginya temperatur di Losail membuat kondisi ban cukup rawan. “Kecepatan ada, tapi kami perlu mengatur pemakaian ban dalam cara terbaik. Itu kunci untuk melalui 22 putaran,” ujar Dovi dilansir Crash.

Disinggung peluangnya menghadapi Marquez musim ini, dia menilai pembalap berjuluk Baby Alien itu masih favorit. “Saya akan memberi diri saya satu poin berada di bawahnya, karena dia mampu mengalahkan saya tahun lalu,” tukas Dovi.

Penampilan Marquez sendiri cenderung naik turun dalam free practice. Sempat berada di posisi ketiga dalam latihan bebas pertama, performa rider Honda itu anjlok setelah hanya berada di peringkat enam di latihan bebas selanjutnya. Capaian Marquez kembali menanjak saat menjadi yang tercepat keempat di sesi latihan ketiga.

Mimpi buruk justru menghampiri juara GP Qatar musim lalu, Maverick Vinales, yang gagal menembus 10 besar di tiga free practice. Di latihan bebas ketiga, pembalap Yamaha itu bahkan terpuruk di peringkat 20.

Performa rekannya di Yamaha, Valentino Rossi, juga tak terlalu mengilap. Sempat menduduki posisi kedua di free practice pertama, Rossi terjatuh di free practice ketiga yang membuat catatan waktunya tidak maksimal.

Tokopedia