FORMULA 1 2018 : Hamilton Bikin Rival Keder

25 Maret 2018 15:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Formula 1 segera dimulai.

Solopos.com, MELBOURNE — Lewis Hamilton langsung memberi sinyal yang tidak menyenangkan bagi para rival dalam kampanye ajang Formula 1 (F1) musim 2018. Pada seri perdana di GP Australia, Hamilton telah menunjukkan dominasi yang sangat kuat dalam sesi latihan bebas dan kualifikasi.

Tak tanggung-tanggung, pembalap Mercedes itu sukses meraih predikat tercepat dalam dua sesi latihan bebas hingga kualifikasi, Sabtu (24/3/2018). Perolehan waktunya di kualifikasi bahkan menjadikan Hamilton sebagai pemilik rekor tercepat di sesi tersebut sepanjang sejarah GP Australia (1 menit 21,164 detik).

Yang lebih mencengangkan, catatan waktu Hamilton berjarak lebih dari setengah detik atas duo Ferrari, Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel di posisi kedua dan ketiga. Lesatan Hamilton di Sirkuit Albert Park kontan membuat sejumlah pembalap pesaing ketar-ketir. Pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo, mengatakan hasil kualifikasi yang diraih Hamilton ibarat “pukulan telak di perut” bagi para rivalnya di lintasan balap.

Dalam kualifikasi kemarin, Ricciardo tak meraih hasil cukup memuaskan dengan hanya berada di posisi kelima, berjarak hampir satu detik dari Hamilton di pole position. “Ini sangat menyesakkan dan membuat frustrasi. Saya pikir semua orang ingin melihat mereka [Mercedes] mendapat perlawanan lebih dari ini,” ujar Ricciardo seperti dilansir Motorsport, Sabtu (24/3/2018).

Karakter Albert Park yang memiliki banyak kelokan memang amat disukai Hamilton. Pembalap Inggris itu kini sudah tujuh kali meraih pole position di Melbourne, melewati perolehan Ayrton Senna. Namun Hamilton tak boleh berleha-leha meski akan start dari posisi paling depan.

Musim lalu dia hanya finis di posisi kedua meski mengawali lomba di pole position. Peringkat pertama direbut Vettel yang sukses mengasapi Hamilton dengan selisih hampir 10 detik. Hamilton menilai pole position di laga perdana bagus untuk memuluskan misinya mempertahankan gelar juara dunia.

“Anda pikir hasil ini normal bagi kami, tapi saya masih merasa deg-degan. Jantung saya seakan ikut balapan. Saya sangat senang dengan catatan waktu itu,” kata Hamilton.