MIAMI OPEN 2018 : Saat Djokovic Jadi Petenis Medioker

25 Maret 2018 17:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Miami Open 2018 diwarnai dengan kekalahan Novak Djokovic di babak kedua.

Solopos.com, MIAMI – Ada apa dengan Novak Djokovic? Pertanyaan ini agaknya layak dilontarkan pada petenis 30 tahun berkebangsaan Serbia itu. Sempat menjadi petenis terbaik dunia medio 2011 hingga 2016, performa Djokovic terus menurun dua tahun terakhir.

Tahun ini mimpi buruk tampaknya belum mau lepas dari petenis berjuluk Djoker tersebut. Setelah disingkirkan di babak keempat Australia Open 2018 oleh petenis antah berantah asal Korea Selatan, Hyeon Chung, Januari lalu, Djokovic kembali mendapat malu saat keok di tangan petenis nomor 109 dunia asal Jepang, Taro Daniel, di babak pertama Indian Wells beberapa pekan lalu.

Penampilan memalukan Djokovic ternyata tak sampai di situ. Menjadi unggulan kesembilan di Miami Open 2018, Djoker harus tumbang oleh petenis Prancis, Benoit Paire, di babak kedua turnamen dengan skor 3-6, 4-6 di Key Biscane, Sabtu (24/3/2018). Hasil itu membuat Djokovic kali pertama menelan tiga kekalahan beruntun sejak 2007. Ironisnya, deretan kekalahan ini semuanya dialami melawan petenis nonunggulan.

Cedera siku yang diderita Djokovic tahun lalu agaknya masih membayangi penampilan sang petenis. Saat melawan Paire yang notabene peringkat 47 dunia, Djokovic kehilangan servis sampai empat kali. Lelaki yang dilatih legenda tenis, Andre Agassi, ini juga kerap mengembalikan servis lawan dengan buruk. Dia kesulitan mengantisipasi pukulan drop shot Paire.

“Aku sudah mencoba tapi tidak berhasil. Sudah jelas, aku tidak suka ketika bermain seperti ini,” keluh peraih 12 titel Grand Slam itu dilansir ESPN.

Juara Indian Wells 2018, Juan Martin Del Potro, hampir saja mengikuti jejak Djokovic saat melawan petenis Belanda, Robin Haase. Del Potro harus melalui pertarungan sengit tiga set 6-4, 5-7, 6-2 untuk melangkah ke babak ketiga. Di babak tersebut, Del Potro bakal menghadapi petenis Jepang, Kei Nishikori, yang baru saja comeback dari cedera.

Kejutan juga muncul di sektor tunggal putri. Petenis ranking 82 asal Puerto Riko, Monica Puig, secara sensasional mengandaskan petenis unggulan Caroline Wozniacki dengan skor 0-6, 6-4, 6-4. Di laga lain, unggulan ketiga, Elina Svitolina, berhasil memupus tren positif juara Indian Wells, Naomi Osaka. Svitolina membekuk petenis Jepang itu dua set langsung 6-4, 6-2.