MIAMI OPEN 2018 : Saatnya Rehat, Federer!

26 Maret 2018 07:25 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Miami Open 2018 menyajikan kekalahan Roger Federer.

Solopos.com, KEY BISCAYNE — Ajang Miami Open 2018 kembali menjadi neraka bagi petenis-petenis unggulan. Setelah Novak Djokovic dan Caroline Wozniacki tersingkir di babak kedua, Sabtu (24/3/2018) lalu, kini giliran duo petenis terbaik dunia, Roger Federer dan Simona Halep, harus angkat koper setelah keok di babak ketiga yang berlangsung Minggu (25/3/2018).

Dalam laga di Crandon Park, Key Biscayne, Florida, Federer secara mengejutkan ditekuk petenis ranking 175 dunia asal Australia, Thanasi Kokkinakis. Peraih 20 gelar grand slam kalah dalam pertarungan sengit 6-3, 3-6, 6-7 dalam waktu 2 jam 21 menit. Ini merupakan kekalahan kedua dalam enam hari bagi Federer. Sebelumnya dia dibekuk Juan Martin del Potro di final Indian Wells.

“Ini mengecewakan. Kadang Anda punya pertandingan-pertandingan ini, menemukan jalan untuk lolos. Saya tak menemukannya hari ini,” ujar Federer seperti dilansir ATP World Tour, Minggu.

Kekalahan dari Kokkinakis, petenis berusia 21 tahun, membuat Federer mulai berpikir untuk beristirahat sejenak dari dunia tenis. Petenis asal Swiss itu berencana melewatkan sejumlah turnamen di lapangan tanah liat, termasuk Roland Garros, dalam kampanyenya musim ini.  Awal tahun lalu strategi rehat itu juga diterapkan petenis 36 tahun tersebut di sejumlah turnamen tanah liat. Federer baru comeback pada turnamen di Stuttgart, Juni 2017.

Strategi itu terbukti ampuh karena sukses membawa sang petenis memenangi empat turnamen setelah rehat sekaligus membuatnya menjadi petenis terbaik dunia, menggeser Rafael Nadal. “Ya, saya memutuskan tidak bermain [di turnamen lapangan tanah liat]. Saya tidak bermain baik sepekan terakhir. Saya butuh waktu untuk memikirkan hal ini,” ujar Federer.

Kokkinakis girang bukan kepalang bisa mengalahkan petenis sekaliber Federer. Sang petenis mengaku sedikit banyak mengetahui gaya Federer karena beberapa kali berlatih bersama. “Saya mengambil apa yang saya pelajari darinya, menampilkan permainan saya sendiri dan mengeksekusinya,” ucap Kokkinakis.

Di tunggal putri, Simona Halep harus pulang lebih awal setelah dikalahkan Agnieszka Radwanska 6-3, 2-6, 3-6, di babak ketiga. Radwanska selanjutnya akan berhadapan dengan Victoria Azarenka di babak 16 besar. Azarenka lolos setelah menundukkan Anastasija Sevastova 3-6, 6-4, 6-1.

”Saya sudah memprediksikan sebuah pertandingan sulit melawan Simona, jadi saya gembira bisa memenangi pertandingan seperti ini,” ujar Radwanska dilansir Reuters.

Tokopedia