Formula 1 2018: Gagal Juara Lagi, Hamilton?

Lewis Hamilton (Reuters/Brandon Malone)
08 April 2018 16:55 WIB Chrisna Chaniscara Sport Share :

Solopos.com, SAKHIR — Nasib apes Lewis Hamilton di awal musim Formula 1 (F1) 2018 belum juga berakhir. Setelah harus menyerahkan posisi pertama di GP Australia pada Sebastian Vettel karena insiden “safety car”, Hamilton kembali menemui jalan terjal untuk meraih kemenangan di seri kedua di GP Bahrain, Minggu (8/4/2018) malam WIB.

Pembalap Mercedes ini terkena penalti lima grid karena melakukan pergantian girboks secara terlarang. FIA mengumumkan mobil Hamilton memakai girboks baru pada sesi latihan bebas, Sabtu (7/4/2018). Padahal sesuai regulasi FIA, pergantian girboks baru diperbolehkan setelah enam seri.

Rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas, juga menggunakan girboks baru. Namun dia sudah kena penalti di GP Australia sehingga dia tak kena sanksi apapun di Bahrain. Dilansir Motorsport, Sabtu, sumber Mercedes mengatakan girboks Hamilton mengalami masalah hidrolik saat balapan di Sirkuit Albert Park, Australia. Mercedes memutuskan terlalu berisiko jika tetap memakai girboks tersebut.

Penalti mundur lima grid tentu mengancam ambisi Hamilton yang ingin segera mengukir kemenangan perdana musim ini. Dalam tiga sesi latihan bebas yang telah dijalani, catatan waktu Hamilton juga tak cukup bagus. Pembalap Inggris itu hanya berada di posisi keempat dalam latihan bebas kedua dan ketiga. Di latihan bebas pertama, Hamilton bahkan hanya mampu menjadi tercepat kelima.

Direktur Teknik Mercedes, James Allison, mengakui tim tak cukup nyaman dengan performa mobil sejauh ini. “Ini bukan hari yang terbaik,” ujar Allison dilansir Autosport, Sabtu.

Pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen, diam-diam justru menjadi kandidat pemenang GP Bahrain menyusul torehan waktu tercepatnya di sesi latihan kedua dan ketiga. Di latihan bebas pertama yang dikuasai Ricciardo, penampilan Raikkonen juga cukup bagus yakni berada di posisi ketiga.

Adapun performa rekan Raikkonen, Sebastian Vettel, cenderung naik turun di free practice. Di latihan bebas kedua, dia berada tepat di belakang Raikkonen. Namun di latihan bebas ketiga posisinya melorot ke peringkat lima.